Wawali Jakpus Terima Kunjungan TP PKK Kabupaten Minahasa Selatan

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Wawali terima kunjungan TP PKK Kabupaten Minahasa Selatan. Foto: Malik Maulana

Wakil Wali (Wawali) Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir menerima kunjungan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Minahasa Selatan. 

Pertemuan tersebut berlangsung di Ruang Wakil Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (19/5).

"Saya mewakili Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat mengucapkan selamat datang di kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat. Semoga ilmu yang nanti didapat, bisa diimplementasikan ke wilayah Minahasa Selatan," katanya. 

Sementara itu, Wakil Ketua Pokja I TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Wien Yulianti menjelaskan, gerakan dan nilai pemberdayaan yang dianut program PKK memiliki kesamaan antara PKK Kabupaten Minahasa Selatan dengan TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat yang berfokus terhadap perempuan dan anak. 

Menurutnya, data kondisi di lapangan dapat menjadi masukan bagi pemerintah daerah dalam meluruskan program ataupun kebijakan bagi masyarakat. 

"Program tersebut di antaranya, pendataan data keluarga terpadu melalui aplikasi Carik Jakarta, koordinasi insentif antar kader PKK, Dasawisma, hingga lurah diperkuat guna memaksimalkan pencapaian pendataan tersebut," jelasnya. 

"Kami juga mempunyai fokus program untuk menurunkan angka tengkes, mengatasi kondisi kemiskinan ekstrim, meningkatkan ketahanan keluarga terutama di bidang ekonomi, kesehatan, dan pendidikan pasca pandemi," imbuhnya. 

TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat, lanjutnya, juga sendang mempersiapkan lomba 10 Program PKK dan Lebaran Betawi. 

Di tempat yang sama, Ketua II Bidang Pendidikan Peningkatan Ekonomi Keluarga TP PKK Kabupaten Minahasa Selatan Ivone Tandayu Rarang merasa senang bisa diterima oleh jajaran pemerintah kota dan TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat.

"Kedatangannya ke sini karena kemajuan TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat sangat luar biasa. Selain itu, kami juga ingin belajar mengenai pendataan keluarga," ucap Ivone.

"Dengan adanya pertemuan ini selain bersilahturahim juga dapat memberikan pembelajaran yang bermanfaat bagi TP PKK Kabupaten Minahasa Selatan ke depan," tandasnya.