100 Warga Jakpus Ikuti Pelatihan Mengemudi

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Sebanyak 100 warga Jakarta Pusat (Jakpus) mengikuti kegiatan pelatihan mengemudi angkatan pertama tahun 2024 yang digelar Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Sudin Nakertransgi).

Plt Kasudin Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat Noviar Dinariyanti mengatakan, kegiatan pelatihan yang digelar secara gratis ini bertujuan meningkatkan keterampilan warga mengemudi kendaraan roda empat.

"Tidak hanya diberikan pelatihan dalam bentuk materi kelas dan praktik, peserta juga akan mendapat SIM A setelah lulus," katanya, Senin (20/5).

Noviar menjelaskan, kegiatan pelatihan akan berlangsung selama 12 hari kerja di mana pada pelaksanaan hari pertama berisi materi kelas terkait teknik mengemudi dan regulasi lalu lintas.

Kemudian, selanjutnya peserta akan mengikuti sesi praktik sebanyak 10 kali pertemuan. Setelahnya, pada hari terakhir mereka akan dibawa mengikuti ujian mendapatkan SIM A sebagai pamungkas.

"Setelah mendapat SIM, kami berharap mereka bisa bekerja menjadi sopir atau menjadi driver taksi online," harapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pelatihan, Penempatan, Produktivitas dan Transmigrasi (P3T) Suku Dinas Nakertransgi Jakarta Pusat Helazurine Lindane menambahkan, direncanakan selama tahun 2024 akan dilaksanakan sebanyak lima kegiatan pelatihan serupa lainnya.

"Jadi tahun ini total ada enam angkatan. Pelaksanaan selanjutnya akan kami informasikan melalui media sosial atau informasi di kelurahan," tandasnya.