140 Siswa Baru SMKN 54 Ikuti Satpol PP Goes to School

Reporter: Muhammad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Satpol PP Goes to School di SMKN 54. Foto: Malik Maulana

Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat kembali menggelar kegiatan Goes to School di SMKN 54 Kemayoran. Kegiatan yang dibarengi rangkaian Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) diikuti sebanyak 140 orang siswa baru.

Kepala Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat TP Purba mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin jajarannya ke sekolah. Hanya saja kegiatan yang dilaksanakan di SMKN 54 tahun ini berbarengan dengan MPLS.

"Satpol PP Goes to School merupakan kegiatan yang berkesinambungan. Karena ini bertepatan dengan MPLS, kami juga mengedukasi siswa beradaptasi dengan lingkungan baru," katanya, Rabu (10/7).

Menurutnya, siswa yang baru masuk harus bisa menyesuaikan diri di lingkungan baru dan meninggalkan kebiasaan lama dan beradaptasi dengan aturan sekolah.

Selain itu, Purba juga menjelaskan, para siswa diedukasi tentang tugas Satpol dan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang ketertiban umum. Materi dan edukasi yang disampaikan diharapkannya membangun karakter siswa lebih taat aturan.

"Kami berharap mereka menjadi siswa berperilaku positif dan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru serta aturan yang berlaku," tegasnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 54 Jakarta Hamidah Nasir mengapresiasi Satpol PP memilih sekolahnya sebagai salah satu lokasi pelaksanaan program Goes to School. Kegiatan serupa juga telah dilaksanakan di sekolahnya tahun lalu.

"Tidak hanya memberikan edukasi tentang tugas dan aturan ketertiban umum, jajaran Satpol PP juga telah mengajak sebanyak 45 orang siswa sekolahnya menjadi kader program Pelajar Pelopor Ketentraman dan Ketertiban Umum (Prabu) Jakarta. Saya harap para siswa baru juga ada yang bisa terlibat dalam program itu," ucapnya.

"Mudah-mudahan dengan Satpol PP Goes to School banyak hal positif yang bisa dipetik. Saya juga berharap ada siswa baru yang mengikuti jejak kakak-kakaknya terlibat Prabu Jakarta," imbuhnya.

Disela-sela kegiatan Satpol PP Jakarta Pusat juga membagikan kuesioner kepuasan siswa terhadap Satpol PP Goes To School melalui link https://bit.ly/KEPUASANSATPOLPP?r=qr yang bekerja sama dengan Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta.