18 Tim Penilai Tingkat Kota Lakukan Verlap Lomba Kelurahan di Kebon Melati

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Tim penilai tingkat kota lakukan verifikasi lapangan di Kelurahan Kebon Melati. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Tim Penilai Lomba Kelurahan Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat kembali melakukan verifikasi lapangan (verlap) yang kali ini berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Jumat (17/5).

Ketua Tim Penilai, Asisten Pemerintahan (Aspem) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany didampingi Kepala Bagian Tata Pemerintah Setko Administrasi Jakarta Pusat Ishran Prasetyawan meninjau langsung pelaksanaan verifikasi lapangan bersama 18 orang tim Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat dari perwakilan tiap UKPD.

Sebelum dimulai penilaian terlebih dahulu dilaporkan keunggulan yang ada di Kelurahan Kebon Melati oleh Lurah Kebon Melati Ikhsan Kamil dan menyaksikan video inovasi Kelurahan Kebon Melati.

Kemudian tim penilai bergerak meninjau lokasi prioritas di Gang Dukuh Pinggir III Taman Melati dan Gang Dukuh Pinggir V Taman Beras Kencur.

Denny Ramdany mengatakan, ini merupakan lokasi ke tujuh verifikasi lapangan terkait lomba kelurahan. Apa yang telah dipaparkan tadi langsung dilakukan pengecekan.

"Kelurahan Kebon Melati ini sangat luar biasa. Di lingkungan yang padat ternyata banyak kreasi yang telah diciptakan lurah dan jajarannya seperti, pengolahan bank sampah, Taman Hatinya PKK, sampai ke urban farming," katanya.

Wilayah Kebon Melati, menurut Denny, merupakan sebuah posyantek karena masyarakat di sini sudah menggunakan teknologi tepat guna dengan mengembangkan potensi yang ada.

"Di sini ada pengelolaan jamu-jamuan, ramuan dari daun cincau, lalu dapat memproduksi pupuk organik tanpa kimia untuk pengembangan daun, buah, sampai ke pembesar pohon," ucapnya.

"Apa yang telah dikerjakan Pak Lurah bersama warganya sangat nyata ada di lapangan," imbuhnya.

Masalah hasil, kata Denny, nanti dilihat karena nantikan ada pleno dan pertemuan di kantor wali kota pada hari Selasa (21/5) dan Rabu (22/5).