2.116 KK Berpartisipasi di IKRA Tahap Pertama Tahun 2024

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Rangkaian program IKRA Tahap Pertama Tahun 2024. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Kota Administrasi Jakarta Pusat telah merampungkan seluruh rangkaian program Inisiasi Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) Tahap Pertama Tahun 2024 di akhir Mei lalu. Total tercatat sebanyak 2.116 KK dari 10 kelurahan di Jakarta Pusat berpartisipasi dalam kegiatan itu.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan Septinadi mengatakan, kegiatan dari program IKRA tahap pertama tahun 2024 ini dilaksanakan di 10 kelurahan dari dua kecamatan di Jakarta Pusat yakni, Sawah Besar dan Kecamatan Kemayoran.

"Dari total jumlah yang berpartisipasi, kami memilih sebanyak 15 peserta terbaik dari setiap kelurahan untuk diberikan apresiasi," katanya, Senin (3/6).

Irwan menuturkan para peserta di setiap kelurahan itu menerima penghargaan dalam bentuk piagam dan goodie bag. Selain itu mereka juga mendapat kesempatan mengikuti doorprize satu unit sepeda lipat yang disiapkan panitia di setiap kelurahan.

Dijelaskan Irwan, kegiatan apresiasi ini merupakan puncak dari rangkaian program IKRA tahap pertama tahun 2024. Sebelumnya, pada 22 April 2024 lalu telah dilakukan sosialisasi program ke 10 kelurahan di dua kecamatan peserta IKRA tahap pertama.

"Selanjutnya kami mendistribusikan buku ke setiap kelurahan dan dilakukan penilaian mana peserta paling konsisten selama 7 hari berturut-turut membaca serta meringkas materi," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Perpustakaan Suku Dinas Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat Noor Muchyadi menambahkan, kegiatan dari program IKRA tahap pertama tahun 2024 dilaksanakan di Kelurahan Karang Anyar dan Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar. 

Kemudian Kelurahan Cempaka Baru, Gunung Sahari Selatan, Harapan Mulya, Kebon Kosong, Kemayoran, Serdang, Sumur Batu, dan Kelurahan Utan Panjang, Kecamatan Kemayoran.

"Kegiatan apresiasi dimulai dari Kelurahan Pasar Baru dan Karang Anyar pada 16 Mei. Terakhir pada 22 Mei di Kelurahan Gunung Sahari Selatan dan Kemayoran," tandasnya.