400 Petugas Gabungan Kembali Bersihkan Jalur Lintasan Jakim

Reporter: Zaki Ahmad Thohir  | Editor: Andreas Pamakayo

Bersih-bersih trotoar Jalan Merdeka. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Momen Jakarta Internasional Marathon (Jakim) 2024 tinggal menghitung beberapa hari lagi. Segala persiapan dilakukan untuk menyukseskan gelaran maraton di Jakarta.

Salah satu persiapan yang dilakukan, yaitu dengan melaksanakan pembersihan sarana dan prasarana serta mempercantik beberapa titik yang akan menjadi lintasan para pelari.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma saat apel persiapan kerja bakti menuturkan, khusus untuk di kawasan Monas ini lebih kurang terdapat 400 petugas gabungan terlibat dalam kerja bakti hari ini.

“Petugas pelangi kita libatkan untuk hari ini, dari SDA, Bina Marga, PPSU, Kehutanan, Sudin LH, Perhubungan, Satpol PP, Gulkarmat dan yang lainnya. Semua kita libatkan untuk aktivitas persiapan kesuksesan acara Jakim,” ujarnya, di Silang Barat Monas, Kecamatan Gambir, Jumat (7/6).

Dhany menerangkan, lintasan yang dibenahi yaitu sekitaran Merdeka Barat, Selatan, Timur, Pejambon, Kawasan Borobudur, lanjut ke Gunung Sahari, kemudian ke Pasar Baru, Lapangan Banteng, Jalan Veteran, terus Sudirman hingga Bunderan HI.

“Ya kita sebagai tuan rumah harus menjamu para delegasi pelari dari negara lain dengan baik, terutama dari infrastruktur kotanya, dan infrastruktur itu perlu pemeliharaan, itu yang harus kita lakukan sekarang secara terpadu,” terangnya.

“Karena gelaran ini juga sebagai salah satu bentuk usaha peningkatan pariwisata di Jakarta, makanya kita ingin membuat lingkungan kota yang lebih kondusif, aman, nyaman, dan indah,” tuturnya.

Dhany berharap kegiatan maraton ini dapat menjadi bagain wajib dari kalender para pelari, dan juga dapat menyaingi gelaran maraton yang sebelumnya sudah terillis dengan baik di Pulau Bali.

“Kita juga berharap ini sebagai ajang silaturahim antar para pelari dan juga warga, sehingga Jakarta dapat berkesan baik di mata para tamu,” tutupnya.