68 Hewan Peliharaan Warga Karet Tengsin Divaksinasi Rabies

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Vaksinasi rabies RPTRA Segas Segar Berseri. Foto: Malik Maulana

Suku Dinas Ketahan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar kegiatan vaksinasi hewan penyebar rabies (HPR) di RPTRA Segas Segar Berseri, Jalan Karet Pasar Baru Barat I, RW 07 Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Selasa (6/2). 

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Herawati mengatakan, kegiatan vaksinasi ini sebagai upaya mempertahankan wilayah Provinsi DKI Jakarta tetap bebas rabies, khususnya di Kota Administrasi Jakarta Pusat. 

"DKI Jakarta telah bebas rabies sejak tahun 2004 lalu. Kita coba pertahankan salah satunya dengan terus menggelar vaksinasi, Kegiatan hari ini telah dilaksanakan sejak pagi hingga siang," katanya.

Hera menjelaskan, kegiatan vaksinasi menyasar hewan penyebar rabies seperti, kucing, anjing, kera, dan musang. Kegiatan vaksinasi dilaksankan secara bergilir ke 44 kelurahan dari delapan kecamatan di wilayah Jakarta Pusat.

Vaksinasi hewan, lanjutnya, digelar secara gratis bagi warga Jakarta Pusat. Sebelum digelar, Hera mengaku telah mensosialisasikan melalui akun media sosial Sudin KPKP Jakarta Pusat dan lurah untuk diinformasikan kepada warga. "Hari ini ada sebanyak 10 anjing dan 58 kucing milik warga Karet Tengsin yang divaksinasi," tegasnya.

Sementara itu, warga RT 06/07 Kelurahan Karet Tengsin Sapta mengapresiasi kegiatan vaksinasi rabies tersebut. Ia memanfaatkan kegiatan untuk memvaksinasi dua ekor anjing anabul peliharaannya.

"Kebetulan saya lihat di media sosial ada informasi kegiatan ini. Ya saya berharap kegiatan ini dapat terus berkelanjutan setiap tahun ya," tandasnya.