Angkat Tema MPASI, Pemkot Jakpus Gelar Hari Gizi Nasional di Green Pramuka

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Sekko memberikan MPASI yang kaya akan protein. Foto: Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggelar peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-64, di Atrium Grand Pramuka Square, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Rabu (28/2) pagi.

HGN diperingati setiap tahun pada tanggal 25 Januari, dan pada tahun ini peringatan HGN mengusung tema Makanan Pendamping ASI (MPASI) Kaya Protein Hewani Cegah Stunting.

"Pada hari ini kita juga memberikan MPASI untuk anak usia 6-23 bulan yang kaya akan protein, hewani serta dilakukan pemantauan pertumbuhan anak pada setiap bulannya sesuai dengan tema HGN pada tahun ini," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan (Kasudinkes) Kota Administrasi Jakarta Pusat Rismasari. 

Rismasari menambahkan, peringatan ini juga sebagai momentum menyebarkan informasi dan promosi kepada masyarakat tentang pentingnya MPASI yang tinggi protein dalam percepatan penurunan stunting. 

"Pada HGN ini juga dapat meningkatkan komitmen dan kerja sama antara pemerintah melalui pihak swasta dalam rangka kampanye pencegahan stunting dengan konsumsi protein hewani," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin mengaku optimis dapat menuntaskan kasus tengkes atau stunting di tahun 2024.

"Kami optimis dapat menuntaskan kasus kesehatan khususnya stunting di Jakarta Pusat dapat lebih baik lagi dikemudian hari dan hal ini tentu menjadi modal yang kuat untuk bersama-sama secara masif maju dan inklusif untuk menuntaskan permasalahan kesehatan yang ada di Jakarta Pusat," katanya.

Menurut Iqbal, pihaknya juga telah melakukan edukasi mengenai stunting dan memberikan pelatihan pembuatan MPASI kepada masyarakat.

"Dikomandani oleh Sudin Kesehatan Jakarta Pusat mengajak puskesmas kecamatan, puskesmas kelurahan, kelompok posyandu, dan Dasawisma untuk sama-sama bersinergi meningkatkan pemahaman kesehatan serta pengolahan makanan untuk keluarga," terangnya.

Iqbal juga berharap semoga para balita di Jakarta Pusat semakin sehat, energik, potensial dalam tumbuh kembangnya baik secara fisik maupun mental.

Dalam HGN kali ini juga diisi oleh beragam kegiatan seperti, lomba jingle oleh kader kesehatan, dialog interaktif oleh praktisi kesehatan, serta bazar UMKM yang berlangsung sampai hari ini saja.