Asekbang Tinjau Proklim di RW 01 Kelurahan Gambir

Reporter: Zaki Ahmad Thohir  | Editor: Andreas Pamakayo

Peninjauan lokasi Proklim di RW 01, Kelurahan Gambir. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting melakukan peninjauan Program Kampung Iklim (Proklim) di RW 01, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Senin (3/6).

"Kunjungan ke RW 01 Kelurahan Gambir ini dalam rangka pembinaan kepada jajaran RW 01 yang akan menghadapi verifikasi lapangan (verlap) dari Tim Penilai Proklim Utama Tingkat Nasional," katanya.

Menurut Asekbang, ada tiga lokasi lain yang akan mewakili Jakarta Pusat dalam proklim utama selain RW 01 Kelurahan Gambir yaitu, RW 06 Kelurahan Petojo Utara, RW 12 Kelurahan Kebon Kosong dan RW 03 Kelurahan Cikini.

“Hasil peninjauan di lokasi untuk RW 01 Kelurahan Gambir ini komponen dasar sudah ada, administrasi sudah siap, sementara untuk lapangan masih banyak yang perlu dibenahi, ada penghijauan dan juga kolam gizi yang masih perlu dirapikan. Nantinya kita juga akan meninjau kelurahan lain yang yang mewakili Jakarta Pusat di Proklim Utama,” ujarnya.

Bakwan Ferizan Ginting menjelaskan, tim penilai akan melakukan verlap ke titik-titik Proklim akan dilaksanakan pada 13 dan 14 Juni 2024 mendatang.

“Pembinaan dari tingkat kota akan menyentuh kesemua lokasi, dengan harapan Jakarta Pusat akan mengukir prestasi lagi seperti tahun lalu yakni, RW 06 Kebon Melati dan RW 06 Kebon Kosong yang memeroleh Proklim Utama,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua RW 01 Kelurahan Gambir Nofrizal mengaku sudah siap dalam rangka menjamu Tim Penilai Proklim Utama di wilayahnya.

Dirinya menuturkan, semenjak dilantik menjadi ketua RW 01 di tahun 2022 silam, sudah banyak yang dilakukan untuk kebersihan dan keindahan lingkungan.

“Jadi bukan hanya untuk menghadapi ajang Proklim Utama ini saja kita berbenah, memang sudah lama kita bergerak membersihkan dan merapikan lingkungan,” katanya.

“Ya hidup ini kita harus optimis, semoga RW 01 dapat mewakili Jakarta Pusat, kita di sini bergerak bersama para warga lainnya untuk memperindah lingkungan, jadi semangat bersama,” tutupnya.