Baznas Bazis Serahkan Kunci Hasil Bedah Rumah di Kelurahan Kenari

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Penyerahan kunci program Bedah Rumah Baznas Bazis. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan penyerahan kunci hasil program Bedah Rumah, di Jalan Kenari II RT 006/RW 004, Kelurahan Kenari, Kecamatan Senen, Selasa (23/1).

Penyerahan kunci tersebut diberikan secara simbolis oleh Camat Senen Ronny Jarpiko, didampingi Lurah Kenari Ojoh Juhariah kepada pemilik rumah bernama Gandhi (63). 

Ronny mengatakan, program ini bukan pertama kalinya masuk ke wilayah Kecamatan Senen dalam membantu warga masyarakat yang kesulitan untuk memperbaiki huniannya.

"Saya berterima kasih kepada Baznas Bazis karena telah membantu warga kami yang kekurangan dan semoga semakin banyak lagi warga yang terbantu dengan adanya program bedah rumah ini," ujarnya.

Ronny juga berharap dengan penyerahan kunci hasil bedah rumah ini dapat bermanfaat bagi pemiliknya sekaligus memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa dana Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) yang dikumpulkan oleh masyarakat akan kembali lagi ke masyarakat.

"Paling tidak ke depan warga mulai paham bahwa ZIS itu bukan hanya sekedar target tetapi ada nilai kebersamaan," imbuhnya.

Sementara itu, Tim Survei Bedah Rumah Baznas Bazis Administrasi Jakarta Pusat Andreanto menjelaskan, program ini mengandalkan dana ZIS yang dikumpulkan oleh warga masyarakat melalui pengumpulan yang dikomandoi oleh kelurahan setempat pada Tahun 2023.

"Untuk setiap kelurahan kita berikan kuota bedah rumah tergantung dari pendapatan ZIS masing-masing. Di Kelurahan Kenari sendiri dana ZIS-nya terkumpul 80 juta, kita berikan kuota satu bedah rumah dan program lainnya seperti santunan," jelasnya.

Di tempat yang sama, Gandhi selaku pemilik rumah menyampaikan rasa terima kasihnya karena sebelumnya rumah yang ditempatinya sangat tidak layak. Namun, berkat Baznas Bazis dan ZIS akhirnya rumahnya menjadi lebih baik. 

"Kini rumah saya menjadi dua lantai yang sebelumnya sangat tidak layak. Saya senang sekali, terima kasih Baznas Bazis telah melakukan bedah rumah di rumah saya," tandasnya.