Bermodal Balon, Jajaran Kelurahan Petojo Selatan Sisir RW 04 Ajak Anak Imunisasi Polio

Reporter: Zaki Ahmad Thohir  | Editor: Andreas Pamakayo

Kasie Kesra Kelurahan Petojo Selatan ajak anak imunisasi polio dengan memberikan balon. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Jajaran Kelurahan Petojo Selatan yang dikomandoi Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kasie Kesra) Anisa Kartika Putri bergerak di bawah teriknya matahari menyusuri jalan setapak untuk menyisir anak-anak di RW 04 yang belum diberikan imunisasi polio.

Anisa menuturkan, kegiatan jemput bola ini diawali dengan pemberian imunisasi polio di Pos RW 04 sedari pagi hingga siang. Setelah itu, tim bergerak dari rumah ke rumah untuk memberikan imunisasi polio bagi anak yang belum sama sekali menerima. 

“Jadi hari ini kita bersama petugas kesehatan dari Puskesmas Petojo Selatan, kader posyandu serta dibantu anggota Satpol PP bergerak bersama dalam menyukseskan PIN Polio Tahun 2024 di tahap yang kedua,” ujarnya, Rabu (14/8). 

Dikatakan Anisa, pihaknya menyediakan balon dengan beragam warna sebagai daya tarik agar anak-anak dapat diimunisasi polio.

“Tadi dari upaya door to door kita dapat tujuh anak. Untuk di RW 04 sendiri dari target 54 anak namun, alhamdulillah sudah 68 anak yang ikut,” ujarnya. 

“Ya caranya banyak, salah satunya kita kasih balon secara cuma-cuma buat anak-anak tersebut, kita sediain beragam warna, biar anaknya saja yang pilih, selain imunisasi polio, dari Puskesmas juga memberikan tetes Vitamin A,” katanya.

Menurutnya, antusias warga Petojo Selatan cukup tinggi, namun ada beberapa yang berhalangan, rata-rata kesibukan orang tuanya ataupun anaknya sedang sakit, karena untuk imunisasi polio tidak boleh dalam keadaan demam.

Anisa menambahkan, bukan hanya di Pos RW ataupun jemput bola dari rumah ke rumah, tetapi pihaknya bersama tenaga kesehatan puskesmas dan juga kader posyandu berkeliling dari TK serta PAUD yang ada di Petojo Selatan.

“Kita berharap dengan berbagai cara yang ditempuh ini dapat membuahkan hasil, bukan lagi 100 persen bahkan bisa lebih dari target itulah cita-cita kami,”  tutupnya.