Cempaka Putih dan Johar Baru Mendapat Giliran Dinilai Lomba BPS RW

Reporter: Iman | Editor: Iman

Kabag PKLH Bank Sampah Dhalia di Cempaka Putih Barat. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (Kabag PKLH) Setko Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Martua Sitorus dan perwakilan UKPD terkait melakukan peninjauan dalam rangka penilaian Lomba Jakarta Gotong Royong Lingkungan Asri Kota Lestari, Bidang Pengelolaan Sampah (BPS) RW, di dua lokasi yakni, RW 12 Kelurahan Cempaka Putih Barat (Kecamatan Cempaka Putih) dan RW 06 Kelurahan Johar Baru (Kecamatan Johar Baru).

Martua menjelaskan, pada dua BPS RW yang hari ini dikunjungi rata-rata bank sampahnya sudah aktif. “Ada pemanfaatan sampahnya, pengelolaan maggotnya, komposting juga. Jadi masyarakat untuk kepeduliannya sudah lumayan baik,” ujarnya.

Ditanya lebih jauh terkait pengelolaan sampah di Jakarta Pusat, Martua mengatakan bahwa hal tersebut sudah bisa dikatakan cukup signifikan.

“Kalau program pengolahan sampah dengan pemilahan yang 50 persen dari jumlah RW Jakarta Pusat sudah signifikan. Dan terus akan kita pacu agar kesadaran masyarakat terus bertambah sehingga residu yang terbuang ke Bantargebang berkurang,” jelasnya.

Martua juga berharap dengan adanya lomba ini bisa terus mengajak masyarakat untuk peduli akan pengelolaan sampah.

“Bukan dilihat dari berapa tinggi nilai yang akan didapat tapi bagaimana melihat partisipasi masyarakat dalam kegiatan ini,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Lingkungan Hidup Jakpus Slamet Riyadi mengungkapkan, kolaborasi yang baik antara masyarakat dan pemerintah dalam pengelolaan sampah akan menghasilkan keberhasilan pengurangan sampah dari sumbernya.

“Mulai dari lurah, camat, PKK, Dasawisma, dan terutama BPS RW-nya serta semua yang berkepentingan untuk membantu pemilahan sampah dari sumbernya," tandasnya.