Forum Anak Sawah Besar Menggelar Perayaan HUT RI di RPTRA Sahara

Reporter: Malik Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Lomba lari sarung di RPTRA Sahara. Foto: Malik Maulana

Sebanyak 60 anak meriahkan kegiatan perayaan HUT RI ke-79 Tahun 2024 yang diisi beragam lomba diinisiasi oleh Forum Anak Kecamatan Sawah Besar, di RPTRA Sahara, Jalan Rajawali Selatan 5, RT 02/02, Kelurahan Gunung Sahari Utara, Jakarta Pusat, Jumat (23/8). 

Kepala Satuan Pelaksana (Satpel) Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Kecamatan Kemayoran Elysabeth mengatakan, kegiatan lomba sebagai bentuk perayaan HUT RI ke-79 tahun 2024 ini diinisiasi dan dilaksanakan oleh Forum Anak Kecamatan Sawah Besar. Pihaknya bersama jajaran Kecamatan Sawah Besar hanya mengarahkan dan mendukung kegiatan agar bisa terlaksana.

"Mereka sangat antusias dan kreatif. Tujuannya mereka ingin membangun, mempererat silaturahmi, dan kebersamaan anak di lima kelurahan se-Kecamatan Sawah Besar," katanya. 

Elysabeth menjelaskan, kegiatan ini melibatkan sebanyak 60 anak, berisi berbagai macam lomba seperti lomba menggambar, memasukkan pensil dalam botol, lari sarung, dan memasukkan bola.

Dia berharap, kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin Forum Anak Kecamatan Sawah Besar. Selain membangun kerekatan dan silaturahmi, kegiatan seperti ini, menurutnya, akan memberi pembelajaran manajerial berorganisasi serta kemampuan kepemimpinan.

"Pengalaman organisasi mereka di sekolah rata-rata hanya sebagai pengurus OSIS. Kegiatan seperti ini akan memberi pelajaran lebih," tegasnya.

Sementara itu, Camat Sawah Besar Prasetyo mengapresiasi inisiasi dan pelaksanan kegiatan perayaan HUT RI ke-79 tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Forum Anak Kecamatan Sawah Besar. Selain mempererat silaturahim, kebersamaan serta memberikan pembelajaran berorganisasi, kegiatan ini juga akan memupuk semangat kebangsaan, cinta tanah air dan patriotisme.

"Dengan kegiatan ini mereka akan semakin tersambung silaturahminya agar meminimalisir potensi tawuran. Kegiatan ini akan mengembangkan kemampuan diri mereka hingga bisa menatap hari esok lebih baik," tandasnya.