Halau Parkir Sembarangan, Petugas Gabungan Lakukan Penataan Kawasan di Jalan Cikini VIII

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Penataan Kawasan Triwulan Ketiga di Kelurahan Cikini. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Petugas gabungan Kelurahan Cikini melakukan penataan kawasan triwulan ketiga yang ditargetkan rampung pada akhir September. 

Penataan tersebut dilaksanakan di sepanjang Jalan Cikini VIII, RT 06/RW 01, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. 

Sisi kanan dan kiri jalan sudah terlihat indah karena lukisan mural dari tangan terampil petugas PPSU membuatnya menjadi berwarna dan mempunyai pesan moral. 

Pesan moral yang disampaikan tertulis, Nyok Buang Sampah Pada Tempatnya, Hidup Indah Tanpa Narkoba, Stop Tawuran, Waspadalah Demam Berdarah, Benahi Jakarta Rumah Kita Bersama, dan masih ada lagi imbauan serta pesan dari lukisan mural. Ditambah penghijauan taman dengan daun yang berwarna warni menambah keasrian lingkungan.

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembagunan Kelurahan Cikini Ruli mengatakan, awalnya area sepanjang 200 meter menjadi tempat parkir roda empat dari oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Terlebih, lanjutnya, aduan tersebut masuk dalam CRM (Cepat Respon Masyarakat) sehingga pihaknya bersama RT, RW dan warga menunjuk Jalan Cikini VIII menjadi lokasi penataan kawasan. 

"Tadinya ini digunakan untuk parkir kendaraan roda empat. Lalu bersama RT, RW dan warga menunjuk Jalan Cikini VIII menjadi lokasi penataan kawasan agar lalu lintas dapat berjalan dengan lancar serta rapi, indah, dan enak dipandang Kami juga telah memasang spanduk imbauan agar tidak memarkir kendaraan sembarangan," katanya, Selasa (3/9).

Selain PPSU, Ruli menambahkan, pengerjaan penataan juga dilakukan petugas dari Sudin Lingkungan Hidup (LH), Sudin Tamhut, SDA, dan Bina Marga. 

"Selain enam PPSU, kita juga dibantu LH untuk penyediaan tong sampah pilah, Sudin KPKP menyalurkan tanaman obat keluarga (toga), SDA memperlancar saluran air, dan Bina Marga bertugas memperbaiki jalan," jelasnya. 

Dia juga telah meminta Sudin Tamhut untuk melakukan penopingan kepada tiga pohon besar yang rawan tumbang di sisi jalan. 

Ruli juga berharap dengan adanya penataan kawasan ini tidak ada lagi kendaraan roda empat yang parkir sembarangan, dan warga dapat menjaga kawasan yang telah ditata. 

"Saya berharap dengan penataan kawasan tidak ada lagi parkir sembarangan dan bersama kita dapat menjaga serta merawat area yang sudah dilakukan penataan," harapnya.