Hidup Seorang Diri, Bocah 13 Tahun Dapat Bantuan Bedah Rumah

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Penyerahan kunci hasil bedah rumah dari Baznas Bazis. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Muhamad Fitrah, bocah berusia 13 tahun yang hidup seorang diri mendapatkan bantuan berupa bedah rumah dari Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Rumah yang telah dibedah terletak di Jalan Kali Pasir Gang Eretan, RT 009 RW 008, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng ini memiliki dua lantai dengan luas keseluruhan 24 meter persegi.

Fitrah sapaan akbar bocah yang masih duduk di kelas 7 SMPN 18 Gondangdia ini mengaku sangat senang dengan kondisi rumahnya yang saat ini. “Alhamdulillah rumahnya sudah bisa ditempatin lagi," katanya.

Fitrah menuturkan, setahun silam ibunya meninggal dan setelah itu bapaknya pergi entah kemana dan belum kembali hingga saat ini. Untuk keperluan sehari-hari, Fitrah dibantu oleh Ketua RT setempat yang kebetulan masih kerabat.

“Kemarin waktu dibetulin, saya tinggal di samping sini, rumah Pak RT yang kebetulan masih saudara. Untuk keperluan sehari-hari saya juga dibantu beliau,” ucapnya.

"Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Baznas Bazis atas segala bantuan yang diberikan kepada saya,” imbuhnya nya.

Sementara itu, Lurah Kebon Sirih Heru Tri Prasetyo mengatakan, total ada dua rumah yang mendapatkan bantuan bedah rumah dari Baznas Bazis yaitu di RW 02 dan ini di RW 08, kesemuanya program tahun 2023.

Heru menambahkan, untuk yang program 2024 pihaknya sudah memilih beberapa rumah warga yang nantinya akan mendapatkan bantuan bedah rumah, tentunya dilihat dari besaran penerimaan ZIS yang ada di Kelurahan Kebon Sirih.

“Kalau bicara rumah, di sini itu banyak yang memerlukan bantuan, malah bisa dibilang waiting list atau daftar tunggu yang memerlukan bantuan bedah rumah, kita mencari yang benar-benar membutuhkan, seperti rumah Fitrah ini, awalnya sangat tidak layak huni,” ucapnya.

“Saya berharap nantinya apa yang sudah ada dapat dijaga dengan baik, sehingga akan bertahan lama, selain itu, kemarin waktu Fitrah sakit juga mendapat bantuan biaya pengobatan dari Baznas Bazis Jakarta Pusat, saya ucapkan terima kasih atas kepedulian kepada warga saya,” tutupnya.