Iduladha, Pemkot Jakpus Kumpulkan 104 Hewan Kurban

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Penyerahan sapi limosin di Masjid Al-Fauz. Foto: Andre

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma bersama jajarannya serta warga sekitar lingkungan kantor wali kota melaksanakan salat Iduladha, di Masjid Al-Fauz. 

Pada salat Iduladha 10 Dzulhijriah 1445/2024 M mengangkat tema "Semangat Kurban Menumbuhkan Kesalehan Sosial' dengan Khotib KH Jamaluddin Faisal Hasyim dan Iman Salat Ustaz Izroni. 

Menurut Dhany, Iduladha memiliki makna pengorbanan bahwa dalam kehidupan itu bisa mendermakan diri secara vertikal kepada Allah SWT dan horisontal kepada sesamanya yang bisa dimaknai dalam Iduladha. 

"Alhamdulillah sudah terkumpul 25 ekor sapi dan 79 kambing total ada 104 hewan kurban. Ini merupakan kepercayaan warga dan stakeholder maupun pihak-pihak yang mempercayakan pendistribusian hewan kurban kepada Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat," katanya, di Masjid Al-Fauz, kompleks Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (17/6).

Nantinya, lanjut Dhany, setelah pemotongan hewan kurban akan langsung didistribusikan kepada masyarakat, PJLP, dan untuk anak yang diindentifikasi stunting.

"Ada lima sapi yang kita akan potong di kantor wali kota untuk program stunting, PJLP, dan warga di sekitar kantor Wali Kota Jakarta Pusat," ucapnya. 

Dhany juga mengimbau pendistribusian nanti untuk dapat menggunakan kantong ramah lingkungan, sebisa mungkin tidak menggunakan plastik. 

"Saya mengimbau untuk pendistribusian menggunakan kantong ramah lingkungan seperti, besek atau mungkin daun sebagai alasnya," imbau Dhany. 

Sementara, kata Dhany, untuk limbah kurban yang bisa diurai biasanya ditimbun sedangkan untuk yang tidak bisa diurai tentu akan dipisahkan dan dibuang melalui Suku Dinas Lingkungan. 

Iduladha kali ini, wali kota menyerahkan secara simbolis sapi limosin dari Pj Gubernur DKI Jakarta seberat 800 kilo bantuan untuk masyarakat kepada Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setko Administrasi Jakarta Pusat Achmad Joehandi. 

Pemotongan hewan kurban juga dilakukan di kantor wali kota yang disaksikan Wakil Wali (Wawali) Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir didampingi Kepala Suku Badan (Kasuban) Kepegawaian Setko Administrasi Jakarta Pusat Heri Dianto. Sebelum dilakukan petugas dari Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat juga melakukan pemeriksaan kesehatan dan daging kurban.