Jakpus Kelola Urban Farming di Lahan 4.500 Meter Persegi

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma meninjau lahan privat di Cikini. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma melakukan panen buah melon dan peninjauan lahan privat di wilayah Kecamatan Menteng.

Dengan menggunakan motor listrik, wali kota menelusuri Jalan Matraman Dalam III, RT 14 RW 07, Kelurahan Pegangsaan di sebuah gang sempit yang terdapat lahan berukuran 162 meter persegi diisi berbagai tanaman buah seperti, golden melon, melon hijau, anggur, dan pisang. Serta ada dua kolam ikan nila dan lele.

Di sini wali kota melakukan penen melon. Dhany mengatakan, ini sesuai dengan arahan Pj Gubernur DKI Jakarta agar setiap wali kota untuk terus mengembangkan urban farming yang terus dikembangkan melalui jajaran kelurahan.

"Lahan aset Pemda ini dimanfaatkan jajaran Kelurahan Pegangsaan melalui PKK dan PPSU untuk budidaya tanaman buah-buahan. Alhamdulillah tadi kita panen 25 melon yang sudah matang dan dinikmati bersama jajaran pemerintah serta pengunjung pada saat panen," katanya.

Menurutnya, ini merupakan salah satu bentuk manfaat yang bisa diambil dari urban farming meskipun dengan lahan yang terbatas tetapi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan konsumsi keluarga.

Setelah ke Kelurahan Pegangsaan, wali kota menuju Jalan Cikini 73, di aset privat yang dikerjasamakan dengan Pemprov DKI Jakarta seluas 4.500 meter persegi bersama mengelola urban farming.

"Di lahan ini tadi kita melihat begitu banyak tanaman cabai, pare, pakcoy, dan kangkung. Ini merupakan kerja sama yang positif dan hasilnya bisa dimanfaatkan terkait dengan pengendalian inflasi daerah. Insyaallah 2 atau 3 bulan ke depan kita sudah bisa melakukan panen bersama," ucapnya.

Dhany menambahkan, pola kerja sama pemanfaatan lahan yang dimiliki oleh sektor privat dengan melakukan kerja sama maka Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas KPKP dan Poktan-poktan yang ada di wilayahnya beserta dengan jajaran kelurahan, kecamatan untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan dengan manam pohon produktif baik melalui hidroponik dan lain sebagainya.

"Di sini telah terjalin bentuk kerja sama yang baik dan dapat mengoptimalkan lahan-lahan untuk kepentingan yang lebih produktif dalam rangka kita menyediakan komoditas pangan," jelasnya.

Pada peninjauan kali ini turut dihadiri, Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat (Jakpus) Penty Yunesi, para lurah, dan Camat Menteng.