Kelurahan Kampung Rawa Gelar Edukasi Pelatihan dan Simulasi Kebakaran

Reporter: Angga Rizkyanda | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan pemadam kebakaran di kantor Kelurahan Kampung Rawa. Foto: Malik Maulana

Kelurahan Kampung Rawa bersama Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar pelatihan dan simulasi penanganan kebakaran, di halaman Kantor Kelurahan Kampung Rawa, Kecamatan Johar Baru, Kamis (19/9).

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Lurah Kampung Rawa Ferry Zahrudin didampingi Kepala Seksi Pencegahan Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat Marwono, dan Kasatgas Gulkarmat Kelurahan Kampung Rawa Widianto.

Lurah Kampung Rawa Ferry Zahrudin mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar terkait antisipasi penanganan kebakaran agar masyarakat dapat mengetahui apa yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran. 

“Peserta pelatihan juga harus menginformasikan kembali kepada masyarakat di wilayahnya bagaimana cara mengantisipasi atau apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana kebakaran. Karena semua sudah ada SOP-nya dan juga ada pembelajarannya,” ujar Ferry. 

Dia menjelaskan, pelatihan ini diikuti 30 peserta atau relawan dari perwakilan RW 01 hingga RW 08. Selain diberikan materi edukasi, lanjut Ferry, para peserta juga berkesempatan untuk melakukan praktik atau simulasi pemadaman api saat terjadi kebakaran.

“Selain kita menelepon nomor darurat 112, dengan adanya kegiatan ini masyarakat jadi bisa mengambil tindakan sesuai dengan porsinya masing-masing sebelum tim atau petugas Gulkarmat datang ke lokasi,” jelasnya.

“Jadi harapannya masyarakat bisa mengantisipasi lebih dini agar tidak merembet lebih luas lagi, apabila terjadi kebakaran di satu lokasi, tidak merembet sekalian lokasi yang lain,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan Sudin Gulkarmat Kota Administrasi Jakarta Pusat Marwono mengatakan, pelatihan ini merupakan langkah awal dari Sudin Gulkarmat untuk membentuk Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) di Jakarta Pusat agar masyarakat bisa mengantisipasi kebakaran lebih dini.

“Redkar ini akan diajarkan teknik memadamkan kebakaran yang berasal dari kompor gas serta kebakaran listrik dengan cara tradisional atau secara modern baik dengan menggunakan kain basah maupun Alat Pemadam Api Ringan (APAR),” Marwono menerangkan. 

Marwono juga berharap, dengan adanya pembentukan tim Redkar dan pelatihan penanganan kebakaran ini dapat menjadikan nol kasus kebakaran di wilayah Kelurahan Kampung Rawa.