Ketua TP PKK Jakpus Panen 30 Kilogram Tomat di Karet Tengsin

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Panen tomat di Kelompok Tani Taruna Jaya, RT 08/RW 06, Kelurahan Karet Tengsin. Foto: Andre

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah melakukan penen tomat bersama, di Kelompok Tani Taruna Jaya, RT 08/RW 06, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang.

Ucu mengatakan, panen ini menjadi suatu kebanggan yang sejalan dengan program Pokja III PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat dalam meningkatkan ketahanan pangan keluarga.

"Tadi kita bersama melakukan panen 30 kilogram tomat. Ternyata warga di sini juga sudah bisa memanfaatkan tomat dalam bentuk olahan saus tanpa bahan pengawet yang enak jika dipadukan dengan makanan," katanya.

"Hasil panen sudah habis terjual karena diborong oleh warga. Sebagian bisa dinikmati oleh teman-teman PKK dan jajaran terkait lainnya," imbuhnya.

Ucu juga berharap, lahan yang ada di wilayah Jakarta Pusat bisa dimanfaatkan dengan baik untuk ditanami berbagai tanaman produktif.

Baca Juga:

KPKP Jakpus Bersama Duta Petani Milenial Panen 20 Kilo Pepaya California

Sementara itu, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi menambahkan, selain tomat tadi juga melakukan panen terong, dan daun kemangi.

Menurutnya, lahan dengan luas 200 meter persegi ini dikelola oleh Kelompok Tani Taruna Jaya yang telah beraktivitas sejak tahun 2003. "Ini merupakan panen yang ke sepuluh. Kita selalu support dari mulai benih, dan pendampingan teknis," tuturnya, didampingi Koordinator Duta Petani Milenial Wilayah DKI Ali Fadli.

Penty berharap, ini bisa menjadi lahan ketahanan pangan dan kecukupan pangan bagi warga sekitar RW 06 Kelurahan Karet Tengsin.

Turut hadir dalam panen tersebut, Camat Tanah Abang Dicky Suherlan, Lurah Karet Tengsin Hari Ananda, kader PKK Kelurahan, Ketua RT, Ketua RW, dan jajaran terkait lainnya.