Kolaborasi Tiga Pilar, Pemkot Laksanakan Upacara 17 Agustus di Lapangan Banteng

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Upacara 17 Agustus di Lapangan Banteng. Foto: Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melaksanakan upacara HUT ke-79 Republik Indonesia hasil kolaborasi dengan Tiga Pilar, di Lapangan Banteng, Jalan Pasar Baru, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Sabtu (17/8).

Prosesi pengibaran bendera Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat dipimpin Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma sebagai Inspektur Upacara.

Dhany mengatakan, upacara 17 Agustus berbeda pada tahun-tahun sebelumnya yang biasannya diadakan di halaman  kantor wali kota namun, tahun ini  berlangsung di Lapangan Banteng berkolaborasi dengan Tiga Pilar atau Forum Pimpinan Kota (Forkopimko) dan unsur masyarakat.

"Lapangan Banteng dipilih karena merupakan salah satu ikon Jakarta Pusat. Selain itu, beberapa titik lain seperti, Istana Negara dan Monas juga mengadakan upacara hari ini. Untuk Jakarta Pusat, kita pilih Lapangan Banteng yang memang sudah dikenal banyak orang," katanya.

"Total ada sebanyak 3.000 orang kita undang dari berbagai unsur termasuk Legiun Veteran. Alhamdulillah upacaranya berlangsung secara lancar, tertib, dan nuansa kemerdekaannya juga sangat terasa,” ujar Dhany.

Mungkin tahun berikutnya, lanjut Dhany, upacara bisa di Tugu Proklamasi yang merupakan tempat bersejarah.

"Kita akan coba rutinkan tidak hanya di Lapangan Banteng, mungkin nanti di Tugu Proklamasi sebagai tempat bersejarah di mana proklamasi kemerdekaan itu di diproklamirkan," ucapnya.

Sementara itu, Komandan Upacara Mayor Kav Rendi Sapto Hadi menambahkan, upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia sudah terlaksana dengan baik yang menunjukan sinergi uang kuat antar pemerintah dan TNI-Polri.

"Saya memastikan semua berlangsung dengan tertib juga lancar, sekaligus menunjukkan sinergi yang kuat antara pemerintah daerah dan unsur TNI-Polri dalam merayakan momen bersejarah ini," tandasnya.