Lomba Inovasi Kesehatan, Dhany Sukma: Jangan Berhenti Berinovasi Bagi Peningkatan Kesehatan Masyarakat

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma. Foto: Maulana

Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) menggelar lomba penilaian inovasi kesehatan Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat yang diikuti tim dari puskesmas, RSUD, RSPAD, Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pelayanan Kesehatan, dan rumah sakit swasta. 

Kepala Suku Dinas Kesehatan (Kasudinkes) Kota Administrasi Jakarta Pusat Rismasari mengatakan, lomba inovasi kesehatan ini akan berlangsung selama 3 hari dimulai dari Selasa (27/8) hingga Kamis (29/8) mendatang.

"Lomba ini diikuti oleh 7 Puskesmas dengan ketentuan 1 Puskesmas mengirimkan 2 tim, kemudian 2 RSUD, 1 UPT Pelayanan Kesehatan, 4 RS swasta yang ada di Jakarta Pusat, dan 1 RSPAD," jelasnya, di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (27/8).

Tahun ini, tambah Risma, lomba inovasi kesehatan mengangkat tema 'Raih Transformasi Kesehatan dengan Inovasi Menuju Jakarta Kota Global'.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menerangkan, bagi pemenang lomba di Tingkat Kota akan dikirim ke Tingkat Provinsi kemudian ke Tingkat Nasional.

"Kegiatan lomba ini akan dilaksanakan secara berjenjang. Mudah-mudahan saja dari Jakarta Pusat akan melahirkan inovator-inovator dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," katanya.

Menurut Dhany, setiap fasilitas kesehatan (faskes) di wilayah Jakarta Pusat dapat mengajukan inovasinya dan para dewan juri akan memberikan penilaian terhadap inovasi yang diajukan.

Dhany juga memberikan pesan kepada para peserta lomba untuk terus melakukan inovasi karena inovasi merupakan ciri dari sebuah organisasi yang adaptif.

"Jangan pernah berhenti untuk berinovasi karena inovasi merupakan ciri dari sebuah organisasi yang adaptif terhadap tuntutan kebutuhan masyarakat," imbuhnya.

Dhany juga berharap semoga dengan terselenggaranya Ring-1 Jakarta Inovasi ini dapat melahirkan inovasi-inovasi baru yang berdampak baik di Tingkat Provinsi bahkan sampai ke Tingkat Nasional.