Memperingati Harkitnas, Wali Kota: Mari Bangkit untuk Indonesia Emas

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melaksanakan upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang telah memasuki 116 tahun. Adapun tema yang diangkat tahun ini adalah 'Bangkit untuk Indonesia Emas'.

Upacara yang berlangsung khidmat itu dipimpinan langsung oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Senin (20/5).

Dhany mengatakan, ada dua pahlawan dalam organisasi pergerakan kepemudaan di Indonesia yakni, Boedi Oetomo dan Kartini yang yang mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan, dan kemajuan, melalui tulisan-tulisannya yang tersiar ke penjuru dunia

"Hari berdirinya Boedi Oetomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini," kata Dhany saat membacakan amanat surat sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 

Saat ini, lanjutnya, banyak beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru. Maka marilah bangkit untuk Indonesia Emas. 

"Kemajuan teknologi telah menghampiri kehidupan kita sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban kita hari ini. Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner. Penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong Indonesia Emas," ucapnya. 

"Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045," tandasnya.