Meriahkan Pemilu, Anggota KPPS Menteng Pakai Kebaya Encim dan Baju Boim

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Anggota KPPS Menteng mengenakan pakaian Kebaya Encim dan Baju Boim. Foto: Malik Maulana

Tanggal 14 Februari 2024 jatuh pada hari Rabu, yang diperingati sebagai Hari Pemilu Serentak 2024.

Pada hari ini, masyarakat Indonesia pergi ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya.

Namun, ada yang berbeda dalam menyambut pesta demokrasi di TPS 40, 41, 42, dan 43, Jalan Taman Suropati No.5, RT 05/RW 05, Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Petugas KPPS yang sedang bertugas di empat TPS tersebut menggunakan pakaian khas Betawi yaitu Kebaya Encim untuk wanita dan baju Boim untuk pria.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Menteng Mohammad Sobari mengatakan, memakai pakaian Betawi untuk menarik antusias warga RW 05 dalam menyambut Pemilu kali ini.

"Semua yang bertugas di TPS ini menggunakan pakaian adat betawi encim yang disiapkan oleh ketua RW yang juga dapat menjadi daya tarik warga untuk datang ke TPS," ujarnya.

Sementara itu, Lurah Menteng Indrawan Prasetyo menambahkan, penggunaan pakaian adat pada saat pemilu memang rutin dilakukan untuk menyemarakkan perhelatan lima tahunan ini.

"Mengenakan pakaian adat memang rutin dikenakan bagi anggota KPPS di sini. Namun, untuk tahun ini kita memilih tema adat khas Betawi karena simpel dan para petugas dapat bergerak dengan leluasa," ujarnya.

Indrawan menambahkan, selain petugas yang menggunakan pakaian khas Betawi di tempat ini juga disediakan beragam makanan dan live musik untuk warga yang akan menggunakan hak suaranya.

"Di sini karena warganya setiap harinya sibuk bekerja, jadi ajang seperti ini menjadi ajang kesempatan warga bersilaturahmi," ucapnya.

"Jadi disiapkan juga makanan, live musik, dan ondel-ondel untuk menghibur warga yang akan menggunakan hak suaranya di sini," imbuhnya

Sementara itu, Ayusitha aktris ibu kota yang terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 42 berharap pemilu kali ini berjalan damai dan melahirkan pemimpin yang bisa membawa kemajuan untuk Indonesia.

"Semoga pemilu kali ini bisa berjalan damai, dan mudah-mudahan siapapun pemimpin kita berikutnya akan membawa Indonesia lebih maju, damai dan sejahtera," katanya usai menggunakan hak suaranya.