Normalisasi Saluran Jalan Pintu Besi I Rampung Pekan ini

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Pengerjaan normalisasi saluran. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan normalisasi saluran air di Jalan Pintu Besi I, RW 05 Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar. 

Kepala Satuan Pelaksana (Satpel) SDA Kecamatan Sawah Besar Yusuf Sumardani mengatakan, kegiatan normalisasi menindaklanjuti usulan warga melalui musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tahun 2024. Namun, jajaran Sudin SDA Kota Administrasi Jakarta Pusat menindaklanjutinya menjadi usulan langsung untuk dikerjakan di tahun 2024 ini.

"Warga meminta normalisasi lantaran aliran air di saluran tidak mengalir dan kerap memicu genangan saat terjadi hujan deras dengan waktu lama," katanya, Jumat (28/6).

Menurutnya, setelah dilakukan penelusuran lokasi diketahui kondisi saluran mengalami penurunan. Alhasil, aliran air dari saluran di Jalan Pintu Besi I, tidak dapat mengalir ke ke saluran penghubung Jalan Lautze Raya.

Untuk itu, lanjut Yusuf, pihak Sudin SDA Kota Administrasi Jakarta Pusat harus melakukan normalisasi dengan melakukan peninggian saluran sehingga tingkat elevasi menjadi sesuai agar air dari saluran mikro bisa dialirkan ke saluran makro tersebut.

"Pekerjaan lapangan sudah dilaksanakan sejak Kamis (6/6) lalu. Kegiatan pekerjaan melibatkan sebanyak sekitar 10 orang Satgas SDA Jakarta Pusat dibantu satu unit alat berat mini excavator, pekerjaan teknis lapangan tidak mengganti uditch yang sudah terpasang di saluran," jelasnya. 

"Pekerjaan ini dilakukan sepanjang sekitar 53 meter lari. Progresnya sudah sekitar 85 persen. Targetnya akhir Juni ini rampung," tandasnya.