Panen 27 Kilo, Kelurahan CPT Bagikan Lele untuk Cegah Stunting

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Panen lele di RPTRA Kampung Benda. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Sebanyak 27 kilogram ikan lele berhasil dipanen di RPTRA Kampung Benda, Jalan Cempaka Putih Tengah XV, Kelurahan Cempaka Putih Timur (CPT), Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (22/1). 

Sekretaris Kelurahan (Sekkel) Cempaka Putih Timur Imam Sukartono mengatakan, keberadaan kolam lele di setiap RPTRA yang ada di wilayahnya sebagai bentuk perbaikan gizi khususnya untuk balita terindikasi tengkes atau stunting.

Imam mengutarakan, keberadaan balita terindikasi stunting di Kelurahan Cempaka Putih Timur sebanyak 14 balita, dan hasil panen pada hari ini akan dibagikan secara merata kepada mereka, dan kelebihannya dijual kepada warga sekitar.

“Sebelum panen hari ini, tebar benih sudah dilakukan dari tiga bulan sebelumnya, kemudian dirawat oleh para pengurus RPTRA, dan alhamdulillah hari ini bisa kita panen,” ujarnya, didampingi Kasie Kesra Yatna Supriatna. 

“Selain kolam gizi yang ada di RPTRA, kita juga mengadakan di kantor kelurahan, selain itu,  kantor Koramil yang letaknya di belakang kantor kelurahan juga ada. Budidaya ini juga berkerja sama dengan Sudin KPKP Jakpus,” katanya.

Lanjut Imam, tidak hanya kolam gizi, pihaknya juga menggencarkan penanaman hidroponik seperti, urban farming yang menghasilkan pakcoy, sawi, terong, dan juga pisang.

“Saya berharap ke depannya program yang berpacu untuk mengentaskan stunting harus terus dilakukan, semua harus bergerak bersama, tidak hanya pemerintahan dan juga pihak kesehatan, tapi dari sesama warga juga harus bergerak,” tutupnya.