Pemkot Jakarta Pusat Terima Studi Komparasi Kabupaten Bangka Selatan

Reporter: Angga Rizkiandy  | Editor: Andreas Pamakayo

Pemkot Jakpus terima kunjungan studi komparasi Kabupaten Bangka Selatan. Foto: Dwi Arif

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menerima kunjungan studi komparasi Kabupaten Bangka Selatan terkait sistem perencanaan program dan keuangan daerah.

Pada kesempatan ini, Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir bersama jajaran menerima langsung kunjungan tersebut, di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Kamis (27/6).

Chaidir mengatakan bahwa kunjungan ini selain untuk bersilaturahmi sekaligus sebagai ajang bertukar informasi mengenai sistem perencanaan program dan keuangan daerah.

"Intinya kita bertukar pengalaman dalam memberikan edukasi atau pencerahan khususnya perencanaan program keuangan daerah terutama dalam sistem perencanaan keuangan yang telah diberlakukan oleh Pemkot Administrasi Jakarta Pusat," ucapnya.

Chaidir berharap dengan adanya kunjungan ini Kabupaten Bangka Selatan mendapat pengalaman positif untuk memberikan pembaharuan dan pemutahiran keuangan yang dapat diberlakukan di Bangka Selatan.

“Mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk kelancaran pembangunan sehingga memberikan dampak kepada masyarakat Bangka Selatan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Suku Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kota Administrasi Jakarta Pusat Devi Riana mengatakan, saat ini sistem perencanaan dan penganggaran di Jakarta Pusat sudah by sistem sedangkan Bangka Selatan masih melakukan secara manual.

“Kendalanya dari Bangka Selatan karena mereka masih melakukan secara manual sedangkan Jakarta Pusat sudah by sistem semuanya seperti terkait realisasi fisik sehingga lebih mudah dalam memperkirakan berapa presentase realisasi fisik dan sinkronisasi dengan realisasi keuangannya,” jelas Devi.

“Saya berharap dengan adanya kunjungan ini, ke depannya Bangka Selatan maupun Pemkot Administrasi Jakarta Pusat bisa lebih baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan anggaran,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Selatan Muhson mengatakan, tujuan kunjungan ini sebagai referensi pembelajaran sistem perencanaan program dan keuangan daerah yang bisa diterapkan pada Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan agar bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat.

“Kita melihat bahwa di sini sudah lebih baik karena Bangka Selatan daerah baru. Tapi walaupun daerah baru kita ingin berkembang bersama jangan sampai ketinggalan terlalu jauh,” katanya.

“Mudah-mudahan apa yang kita dapatkan bisa diterapkan di Bangka Selatan sehingga laporan-laporan yang masuk kedalam Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) bisa lebih baik,” tuturnya.