Pemkot Jakpus Gencarkan PSN di Lingkungan Kantor Wali Kota

Reporter: Dwi Arif | Editor: Andreas Pamakayo

Pengecekan jentik nyamuk di pot tanaman. Foto: Dwi Arif

Dalam rangka mengantisipasi Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (5/4).

Titik-titik yang dilakukan pemantauan jentik nyamuk yaitu di sekitar halaman kantor yang terlihat tampungan air, kolam-kolam, toilet, kamar mandi, serta wadah-wadah penampung air dispenser.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Sekko Jakarta Pusat M Reza Pahlevi mengatakan, Pemkot Administrasi Jakarta Pusat terus menggencarkan PSN setiap minggunya, karena paling efektif dalam mengantisipasi jentik nyamuk dan juga mencegah DBD.

"Kita akan kembali menggencarkan PSN di lingkungan kantor Pemkot Administrasi Jakarta Pusat karena ini memang paling efektif dalam mengantisipasi jentik nyamuk, memperhatikan, dan menghilangkan titik-titik yang menimbulkan genangan air serta tampungan air," ucapnya.

Menurutnya, setelah monitor ini akan dilakukan tindak lanjut dengan mengganti tanaman-tanaman yang berpotensi menampung air.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kesehatan (Kasudinkes) Kota Administrasi Jakarta Pusat Rismasari mengimbau kepada warga untuk tetap lakukan PSN paling tidak 1 minggu 1 kali serta menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

"Saya mengimbau kepada para warga tetap jaga kebersihan, PHBS-nya juga ditingkatkan dan kalau demam segera periksa ke puskesmas agar bisa dideteksi sejak dini," imbaunya.

Selain itu, Rismasari juga mengingatkan kepada warga agar waspada dan selalu memperhatikan lingkungan rumahnya masing-masing jika ada air yang tertampung segera dibersihkan.

"Titik-titik yang harus diperhatikan di rumah adalah bak kamar mandi, talang air, tempat makan atau minum burung atau ayam, juga air tampungan dispenser, lalu barang-barang bekas, dan sampah botol atau bank sampah kalau bisa diberi penutup supaya tidak ada air hujan yang bisa tertampung di situ," ungkapnya.

Pada kegiatan ini turut dihadiri, Kepala Bagian Umum dan Protokol Istya Sati Murmendyah, Wakil Camat Gambir Agus Triono beserta jajaran Kelurahan Petojo Selatan dan petugas Jumantik.