Pemkot Jakpus Kembali Raih Piala Adipura Kategori Kota Metropolitan

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma (tengah) memegang Piala Adipura untuk kedua kalinya secara berturut-turut. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat  kembali meraih penghargaan Adipura Tahun 2023 dalam Kategori Kota Metropolitan untuk ke dua kalinya secara berturut turut dari tahun 2022.

Secara langsung Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menerima penghargaan tersebut di Gedung Manggala Wanabakti Ruang Sudjarwo, Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Selasa (5/3).

Menurut Dhany, penilaian Adipura ini dilakukan secara mendadak, namun karena kebersihan lingkungan dilaksanakan setiap hari maka kapan pun dilakukan penilaian Kota Administrasi Jakarta Pusat selalu siap.

"Adipura merupakan ajang penghargaan bagi kota yang memiliki komitmen terhadap kebersihan di lingkungannya, hasil penilaiannya Kota Administrasi Jakarta Pusat layak untuk mendapatkannya," kata Dhany.

Nantinya, lanjut Dhany, direncanakan Piala Adipura ini akan keliling estafet dari satu kecamatan ke kecamatan lainnya hingga nanti dibawa ke tingkat kota dan selanjutnya ke tingkat provinsi.

"Karena ini merupakan penghargaan bagi kita semua. Oleh karena itu, piala ini akan estafet dari kecamatan satu ke kecamatan yang lain lalu dibawa ke tingkat kota dan selanjutnya ke tingkat provinsi," ucapnya. 

Baca Juga:  

Pemkot Jakpus Gelar Tasyakuran Penerimaan Piala Adipura

Dhany juga mengucapkan selamat dan berterima kasih kepada seluruh pihak atas kerja sama juga kerja kerasnya sehingga membawa Kota Administrasi Jakarta Pusat kembali mendapatkan Piala Adipura.

Di tempat yang sama, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Pusat Slamet Riyadi menjelaskan bahwa Piala Adipura ini merupakan kali keduanya diraih.

"Kita mendapatkan Piala Adipura ini dua kali berturut turut. Sebelumnya sempat terputus namun, di tahun 2022-2023 kita berturut-turut mendapatkannya. Mudah-mudahan tahun 2024 ini kita mendapatkan lagi," ucap Slamet.

Menurutnya, ini merupakan bentuk kerja sama dari seluruh stakeholder sehingga Pemkot Administrasi Jakarta Pusat berhasil mempertahankan penghargaan Adipura pada Tahun 2023.

Selain Adipura Kencana, dalam kesempatan itu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga memberikan penghargaan Anugerah Adipura kepada 106 kabupaten/kota yang mampu memberikan kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik pada 2023.