Pemkot Jakpus Kurasi Produk UMKM

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Asekbang mencicipi makanan produk UMKM. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melakukan kurasi produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan yang tergabung dalam wadah Jakpreneur.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, kurasi produk yang dilakukan berupa makanan dan minuman siap saji juga snack (cemilan). 

"Kita melakukan kurasi untuk para Jakpreneur Tingkat Kota Jakarta Pusat khususnya makan dan minum termasuk snack untuk meningkatkan daya jual produk yang nantinya akan dikonsumsi masyarakat," katanya, di Ruang Serbaguna Utama,  Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (9/9).

Sementara itu, Kepala Seksi Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Sudin PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Pusat Neli Rahmawati menjelaskan, tujuan dari kurasi ini agar produk UMKM binaan dapat dinilai juga dirasakan oleh semua SKPD.

Pada kesempatan ini, para Jakpreneur juga membawa produk makanan mereka masing-masing untuk dapat dicicipi oleh para SKPD di lingkungan Pemkot Administrasi Jakarta Pusat.

Sebelumnya lanjut Neli, pada tanggal 2 September juga sudah dilakukan kurasi terlebih dahulu pada tingkat kecamatan, dan dipilih lima terbaik dari masing-masing kecamatan lalu dibawa ke Tingkat Kota.

"Untuk memperluas pasar produk UMKM ini, mereka dapat mencari kemasan melalui media sosial juga e-Commerce. Sedangkan produk yang tidak dipesan melalui e-order kita bantu fasilitasi melalui bazar-bazar di tingkat kecamatan," tutup Neli.