Pemkot Jakpus Lakukan Bersih-bersih Jelang Pelantikan Presiden di Depan FX Sudirman

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Bersih-bersih trotoar depan FX Sudirman. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melakukan bersih-bersih trotoar dan fasilitas umum mulai dari Jalan Sudirman hingga Merdeka Selatan yang merupakan jalur perlintasan presiden dan wakil presiden terpilih.

Sebelumnya, Asisten Pemerintahan (Aspem) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany memimpin apel di depan FX Sudirman, Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jumat (11/10).

"Bersih-bersih ini terkait dengan rencana pelantikan presiden dan wakil presiden pada tanggal 20 Oktober nanti. Kebetulan titik perlintasannya ada di Jakarta Pusat, kita diminta untuk melakukan penataan di kawasan-kawasan khususnya yang dilintasi oleh presiden," jelas Denny. 

Informasi yang di terima Aspem, nantinya Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto akan melintasi mulai dari Kartanegara melewati Patung Pemuda hingga jalur-jalur yang sedang dilakukan pembersihan sekarang.

"Makanya ini sudah masuk dalam kawasan Tanah Abang kita melakukan penataan di titik awal pembersihan dari sini (depan FX Sudirman) hingga masuk ke kawasan Gedung MPR," katanya. 

Setelah pelantikan, lanjut Denny, nantinya akan ada serah terima jabatan di Istana Negara. Oleh karena itu, dilakukan persiapan-persiapan untuk keseluruhan wilayah Jakarta Pusat.

"Artinya hari ini kita melakukan persiapan-persiapan itu hampir di seluruh wilayah Jakarta Pusat bergerak dengan melibatkan stakeholder terkait khususnya dalam rangka wilayahnya dulu yang diberesin dan di hari H-nya nanti ada event-event yang kita persiapkan," imbuh Denny.n

Menurut Denny, eforia masyarakat dalam menyambut arak-arakan presiden dan wakil presiden sangat tinggi, maka diharapkan pihak kelurahan dapat melakukan penempatan personel di titik perlintasan. 

"Informasinya dari instansi-instansi lain pun ikut kegiatan yang sama khususnya meletakan titik-titik sarana kebudayaan juga hiburan-hiburan untuk memeriahkan acara itu," ucapnya

Hadir dalam kegiatan bersih-bersih tersebut Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin, Camat Tanah Abang Dicky Suherlan, Lurah Glora Togar, Lurah Karet Tengsin M Hari Ananda.