Pemkot Jakpus Sosialisasi Bedah Kawasan Menteng Pascakebakaran di RW 09

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Sosialisasi Bedah Kawasan Menteng pascakebakaran di RW 09. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat mengadakan sosialisasi Bedah Kawasan Menteng pascakebakaran di RW 09 yang mengakibatkan 22 rumah terdampak. 

Sosialisasi tersebut dihadiri Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma yang berlangsung di Aula Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng, Rabu (3/4).

Dhany mengatakan, pertemuan ini untuk perencanaan penataan kembali rumah warga yang terdampak kebakaran berkolaborasi dengan Bazis Baznas Jakarta Pusat serta Bazis Baznas Provinsi DKI Jakarta. 

"Desainnya sedang kita garap nantinya kita undang unit sektoral seperti SDA, Bina Marga, Sudin Perumahan untuk menata area publiknya, untuk area privatnya nanti dari Bazis Baznas yang akan membangunnya. Kita ingin kawasan ini kita bangun kembali agar tertata dengan rapi," katanya. 

Insyaallah tanggal 18 April mendatang kita lakukan ground breaking pembangunan dan ditargetkan paling lambat 3 bulan proses pembangunannya. Pada saat pembangunan warga juga diberikan dana untuk mengontrak,” imbuhnya.

Dhany juga berharap pembangunan bedah kawasan di RW 09 Kelurahan Menteng cepat segera dibangun, agar warga bisa menikmati tempat tinggal yang baru, nyaman dan dapat dirawat dengan baik.

Sementara itu, Koordinator Baznas Bazis Kota Jakarta Pusat Raja Zamzami menambahkan, ada sebanyak 22 rumah terdampak kebakaran di RW 09 Kelurahan Menteng, 14 rumah dibangun total, sementara 8 rumah tidak begitu parah terbakarnya karena ini berbasis kawasan nantinya dibangun fasad atau penampakannya depannya agar seragam semua.

“Konsep rumah sehat itu kita memastikan pencahayaan yang baik,  ventilasi yang baik, setiap rumah memiliki jendela yang memadai sirkulasi udara yang baik, serta kita pakai bio septic tank, jadi kotoran yang ditampung dapat diolah menjadi air yang bersih. Kemudian kita memastikan jalan yang tersedia akan kita lebarkan menjadi 1,5 meter dan drainasenya juga baik,” tegasnya.

Nantinya, lanjut Raja Zamzami, akan berkolaborasi dengan unit sektoral lain, seperti, SDA, PAL Jaya, Bina Marga dan unit terkait lainnya. Agar dengan kolaborasi yang kita lakukan, pembangunan bedah kawasan ini berjalan baik, dan segara cepat selesai.