Pemkot Jakpus Tanam 15 Bibit Pohon Bungur

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Penanaman pohon Bungur. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat kembali melakukan penanaman pohon yang kali ini terletak di Jalan Bungur Raya RW 03, Kelurahan Bungur, Kecamatan Senen, Jumat (16/2).

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, kegiatan penanaman pohon dilakukan rutin setiap hari Jumat bertujuan untuk menghijaukan dan memperbaiki kualitas udara di Jakarta Pusat.

“hari ini kita menanam pohon, total ada 15 pohon Bungur yang kita tanam di sepanjang Jalan Bungur Raya yang juga sesuai dengan nama jalannya," katanya.

Menurut Dhany dengan adanya gerakan tanam pohon secara kesehatan dapat menghasilkan oksigen yang bagus, menjadi lebih teduh, indah, dan nyaman.

"Dampak penanaman pohon ini secara kesehatan sangat bagus karena dapat menghasilkan oksigen dengan kapasitas yang besar juga nantinya dapat dinikmati oleh warga Jakarta kemudian secara estetika menjadi lebih teduh indah, dan nyaman," ucapnya.

Penanaman pohon, lanjutnya, akan dilakukan sebanyak mungkin sepanjang masih ada ruang tanah yang coklat agar Jakarta khususnya Jakarta Pusat menjadi lebih hijau.

Sementara itu, Kepala Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat Mila Ananda menerangkan bahwa pohon-pohon yang ditanami merupakan kompensasi dari pembangunan yang mengharuskan menebang pohon.

"Pohon-pohon ini asalnya dari kompensasi hasil dari pembangunan yang mengharuskan untuk menebang pohon, mereka harus menggantikan tiap satu pohon yang ditebang digantikan dengan 10 pohon, diameternya minimal 20 cm sesuai dengan jenis yang telah ditentukan oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota," jelas Mila.

Untuk bibit, Mila menambahkan, ada ribuan yang tersimpan di Dinas dan telah disebar di lima wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu.

"Kalau bibit banyak ya, hasil dari kompensasi itu di dinas ada ribuan, disebar di lima wilayah bahkan Kepulauan Seribu mintanya ke kita, masyarakat pun kalau memang ada lahan yang kosong bisa bermohon ke dinas untuk dilakukan penanaman pohon," imbuhnya.

"Untuk penanaman pohon tergantung ketersediaan lokasinya juga jarak tanam, tidak bisa berdekatan seperti, di Bungur ini sekitar empat hingga lima meter karena pohon ada rentang kayunya, supaya tidak bersinggungan jika ada cuaca ekstrim," tandasnya.