Pemkot Jakpus Targetkan Raih Adipura Kencana Tahun 2024

Reporter: Malik Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Wali (Wawali) Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir. Foto: Naufal Magang

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggelar rapat koordinasi wilayah (rakorwil) membahas evaluasi data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) dan Adipura Tahun 2024. 

Pada rakorwil tersebut dipimpin, Wakil Wali (Wawali) Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir, di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (20/8). 

Chaidir mengatakan, hasil evaluasi data pengelolaan sampah yang telah dilaporkan ke SIPSN dan pemantauan Adipura Kota Administrasi Jakarta Pusat tahun lalu berdasarkan jenis sampahnya terdapat 51 persen sampah rumah tangga.

Untuk itu, Chaidir mengimbau kepada setiap warga agar dapat memilah sampah rumah tangganya masing-masing, sehingga sampah dapat berkurang.

"Solusinya kita akan mengevaluasi titik tempat pembuangan akhir sampah yang berada di kelurahan dan kecamatan. Target kita mendapatkan Adipura Kencana Tahun 2024,” jelasnya.

Sementara itu, Kasudin Lingkungan Hidup (LH) Kota Administrasi Jakarta Pusat Slamet Riyadi mengatakan, komposisi sampah yang disampaikan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) merupakan evaluasi laporan tahun lalu yang berkaitan persiapan Adipura 2024 yaitu, sampah organik hampir separuhnya dari sampah rumah tangga. 

“Sebenarnya sampah organik ini dapat dimanfaatkan untuk digunakan dalam pembuatan kompos, maggot, BSF (Hermetia IIIucens) dan lain sebagainya. Sementara pemanfaatan sampah anorganik bisa digunakan dengan membuat bank sampah,” katanya.

“Saya mengimbau kepada warga masyarakat untuk memilah sampah sejak dini, dan sama-sama melakukan pengelolaan sampah dari sumbernya,” imbuhnya.

Dia pun optimis Jakarta Pusat meraih Adipura Kencana tahun ini jika persoalan sampah rumah tangga bisa ditanggulangi secara bersama, “Mudah-mudahan dengan dukungan semua pihak, kita dapat meraih Adipura Kencana,” tutupnya.