Per 1 Januari, Sudin Tamhut Pangkas 520 Pohon

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Pertanaman dan Hutan Kota (Sudin Tamhut) Administrasi Jakarta Pusat per 1 Januari sampai hari ini sudah melakukan pemangkasan sebanyak 520 pohon. 

"Per 1 Januari hingga sekarang Sudin Tamhut sudah melakukan pemangkasan sebanyak 520 pohon," kata Kasudin Pertanaman dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat Mila Ananda saat dikonfirmasi, Rabu (31/1). 

"Ada kategori mulai dari pangkas ringan, pangkas sedang, pangkas berat, sampai penebangan. Terkait penebangan pohon biasanya terkena pembangunan, keropos, mati, dan sudah menghawatirkan yang penanganannya harus ditebang," jelasnya. 

Menurut Mila, saat ini memasuki musim penghujan tanahnya lebih labil jadi resiko lebih tinggi. Makannya petugas dikerahkan untuk melakukan upaya pencegahan dengan pemangkasan. 

"Dalam penanganan pohon Sudin Tamhut tiap kecamatan memiliki satu tim yang berjumlah tujuh orang, dan dua tim untuk penanganan CRM," katanya. 

Mila juga berharap ada upaya pengawasan dari masyarakat jika dikawatirkan ada pohon yang dianggap rawan bisa melaporkan ke Sudin Tamhut, baik melalui kecamatan maupun kelurahan setempat.