Pj Gubernur Heru dan Jajaran Pemprov DKI Jakarta Tunaikan Zakat untuk Masyarakat

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma melaksanakan penunaian ZIS di Balaikota. Foto: Malik Maulana

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono beserta jajarannya Wali Kota Administrasi Kota, dan jajaran terkait lainnya menunaikan zakat melalui Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta, di Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa (26/3).

Penyerahan zakat tersebut dikemas dalam acara Penunaian Zakat Infak, dan Sedekah (ZIS) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang bertajuk, Ramadan Memerdekakan: Merdekanya Mustahik, Berkahnya Muzaki. 

"Alhamdulilah saya beserta para ASN Pemprov DKI Jakarta telah menjalankan kewajiban kami sebagai umat muslim untuk menunaikan zakat," ujar Heru. 

Bersamaan dengan penunaian zakat yang dilakukan Heru, dilaksanakan juga penyerahan ZIS pejabat Pemprov DKI Jakarta dan Dirut Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Hal tersebut sejalan dengan imbauan Pj Gubernur kepada seluruh pejabat Pemprov DKI Jakarta, Dirut (BUMD), seluruh perusahaan swasta beserta jajarannya untuk menunaikan kewajiban berzakatnya di Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta.

Heru juga berharap, dengan penunaian zakat melalui Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta, dana ZIS yang terkumpul dapat dikelola secara profesional dan amanah sehingga dana ZIS yang terkumpul bisa memberikan dampak baik dalam mewujudkan kesejahteraan umat khususnya di Provinsi DKI Jakarta.

Sementara itu, Ketua Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta Akhmad H Abubakar mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk memfasilitasi penunaian dan penyaluran ZIS. 

"Kegiatan ini kami selenggarakan guna memfasilitasi penunaian dan menyalurkan ZIS bagi jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pengusaha/ stakeholder di lingkungan Pemprov DKI Jakarta," jelasnya. 

Pada kesempatan tersebut, Ketua Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta Akhmad H Abubakar juga menyerahkan Penghargaan kepada delapan Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) atas dedikasinya dalam keberhasilannya menghimpun dana ZIS.

Membahas terkait penghimpunan, pada tahun 2023 Baznas Bazis DKI Jakarta berhasil mengumpulkan dana ZIS sebesar Rp 247.937.273.312 dan penyaluran ZIS sebesar Rp 241.870.371.264, dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 3.035.154 orang. 

Dalam jangka waktu yang berdekatan, Baznas Bazis DKI Jakarta juga berhasil menyabet banyak penghargaan, salah satunya ialah dengan berhasil memperoleh hasil audit laporan keuangan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

"Dengan keberhasilan kami terhadap penghimpunan dan penyaluran di tahun 2023, serta hasil audit laporan keuangan tahun 2023 dengan status WTP, menjadi tekad kami untuk meningkatkan target penghimpunan tahun ini guna memperluas jangkauan dalam memberikan bantuan yang optimal kepada para mustahik melalui program-program penyaluran ZIS kami," jelas Abubakar.

"Sesuai dengan tema kita tahun ini, yakni  'Ramadhan Memerdekakan'. Kami mengajak para muzaki untuk semakin yakin bahwa dengan berzakat bisa membantu kaum urban di perkotaan yang kurang mampu dan memberikan kesempatan untuk mereka bergerak maju memberdayakan diri dan merdeka dari jeratan kemiskinan," ujar Abubakar.

Dalam acara tersebut turut diserahkan program nasional Baznas Bazis yaitu, bantuan Bedah Rumah Penghafal Quran, bantuan beasiswa pelajaran (MDJ), dan beasiswa untuk santri difabel.