PMI Jakpus Siapkan Posko Siaga Lebaran di Tiga Stasiun

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

PMI sedang melakukan pemeriksaan kesehatan kepada pemudik di stasiun. Foto: pusat.jakarta.go.id

Guna mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik lebaran 2024, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Pusat kembali menyiapkan posko siaga yang tersebar di tiga stasiun.

"Posko Siaga Lebaran ini tersebar di tiga lokasi padat pemudik yaitu, Stasiun Gambir, Tanah Abang, Senen, dan Markas PMI Kota Jakarta Pusat untuk memastikan kesehatan mereka sebelum melakukan perjalanan jauh," kata Ketua Harian PMI Kota Jakarta Pusat Asep Juanda Sunarya, Rabu (10/4).

“Posko ini didirikan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat saat arus mudik maupun arus balik,” imbuhnya.

Asep menjelaskan bahwa posko mudik juga dilengkapi dengan sarana prasarana penunjang seperti, mobil ambulans, perlengkapan medis hingga tenaga kesehatan dan semua petugas PMI yang bertugas harus rapi, ramah serta memakai atribut PMI selama menjalankan tugas.

"Posko ini sudah tersedia H-3 sampai H+7 lebaran untuk mengantisipasi," ujarnya.

Dia menambahkan ada beberapa keluhan atau penyakit yang sering dialami penumpang yakni, kelelahan, diare, hingga hipertensi.

Untuk menangani keluhan penumpang, pihaknya mengedepankan melalui pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Jika ditemukan penanganan serius, maka nanti akan dirujuk ke rumah sakit.

Asep menyebutkan posko siaga lebaran juga disediakan tenaga kesehatan dan para pemudik dapat memanfaatkan pos tersebut untuk memeriksakan kondisi kesehatannya.

“Mudah-mudahan dengan layanan ini memberi rasa aman dan nyaman untuk masyarakat, khususnya yang melakukan perjalanan baik mudik dan berwisata selama libur lebaran,” katanya.

Sementara itu, Staf Bidang Pelayanan Kesehatan PMI Kota Jakarta Pusat Sahara menambahkan, kurang lebih 48 personel diturunkan di posko siaga lebaran 2024 di tiga Stasiun dan di Posko Markas PMI Kota Jakarta Pusat,” ujarnya.

Selain itu, Sahara mengimbau bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan PMI dapat menghubungi posko PMI.

“Bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan pertolongan pertama dan ambulans bisa langsung menghubungi ke Posko PMI Kota Jakarta Pusat nomor 0812 2626 7643 atau melalui nomor 021-3841474 yang siaga 24 jam,” tutupnya.