Posko Bersama Pemilu 2024 di Provinsi dan Kota Resmi Diluncurkan

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Posko Bersama Pemilu 2024 resmi diluncurkan. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  meluncurkan Posko Bersama Pemilu 2024 yang dibuka secara daring oleh Asisten Pemerintahan Sekda DKI Jakarta Sigit Wijatmoko secara serentak di empat wilayah kota administrasi dan satu kabupaten. 

Di Jakarta Pusat, Posko Bersama Pemilu 2024 berada di Ruang Serbaguna Besar, Gedung Blok A, Lantai Dasar, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir.    

Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir didampingi Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin, Ketua KPU Jakarta Pusat Efniadiyansyah MS, Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kasuban Kesbangpol) Setko Administrasi Jakarta Pusat Rachmat Hidayat jajaran terkait lainnya hadir pada peluncuran tersebut. 

Chaidir mengatakan, posko ini nantinya bisa dijadikan tempat sosialisasi dan pemantauan pemilu, dapat menginventarisasi persoalan yang berkaitan dengan pemilu, memberikan saran penyelesaian persoalan dalam penyelenggaraan pemilu, serta melaporkan informasi pelaksanaan tahapan pemilu secara berjenjang. 

"Jadi tugas kita secara kolektif bersama baik tokoh masyarakat, petugas penyelenggara pemilu, unsur dari masing-masing partai politik, tim pemenangan, dan unsur pemerintahan daerah dalam menciptakan pemilu yang lancar dan damai," katanya, Selasa (9/1). 

"Saya harap semua komponen dapat menjaga pemilu yang harmonis sehingga suasana di wilayah Jakarta Pusat dapat kondusif, normatif, dan persuasif," imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kasuban Kesbangpol) Kota Administrasi Jakarta Pusat Rachmat Hidayat menambahkan bahwa posko bersama ini resmi beraktivitas dari tanggal 9 Januari hingga 29 Februari 2024.

"Hari ini posko bersama resmi dibuka dari tanggal 9 Januari hingga 29 Februari 2024. Pada hari Sabtu-Minggu juga tetap buka, kemungkinan jika ada tanggal merah kita juga tetap masuk," jelasnya. 

Untuk pembagian tugas menjaga posko, Rachmat mengatakan, sudah membuat jadwal bergilir yang nantinya juga di bantu oleh Forkopimko (Forum Koordinasi Pimpinan Kota). Posko bersama ini beroperasi dari Jam 08.00 WIB pagi hingga pukul 16.00 WIB.

"Kita sudah ada jadwal bergilir baik itu dari KPU, Bawaslu, perwakilan dari DPC partai politik, perwakilan dari Ketua Tim Pemenangan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, kami juga didampingi oleh Forkopimko Kodim, Polres, Kejari," jelas Rachmat. 

Dia berharap pada tanggal 14 Februari 2024 nanti masyarakat berbondong-bondong ke TPS untuk menyalurkan aspirasi hak suaranya.