Posyandu Mawar Melati RW 01 Rawasari Siap Hadapi Lomba Tingkat Nasional

Reporter: Zaki Ahmad Thohir  | Editor: Andreas Pamakayo

Pelaksanan posyandu terintergrasi di RW 01 Kelurahan Rawasari. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Menghadapi perlombaan Posyandu Tingkat Nasional, beragam hal dilakukan untuk menyukseskan RW 01 Kelurahan Rawasari agar dapat merebut gelar juara. Salah satu di antaranya, menggelar posyandu terintegrasi yang berlangsung di RPTRA Rawasari Ceria, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (11/7).

Kepala Puskesmas Pembantu Rawasari Muhammad Rafdi menuturkan, posyandu terintegrasi ini merupakan bentuk layanan untuk memudahkan warga dalam memeriksakan kesehatannya.

Posyandu Mawar Melati dalam kesehariannya memberikan pelayanan Integrasi Primer seperti siklus hidup dimulai dari ibu hamil, bayi, balita, usia prasekolah, remaja, dewasa, dan lansia.

“Jadi untuk Posyandu RW 01 ini sudah melakukan integrasi layanan primer, semua jenis posyandu dihadirkan dalam satu waktu dan lokasi, mulai dari posyandu balita, remaja dan usia produktif serta posyandu lansia. Selain itu pula layanan untuk ibu hamil, juga pemeriksaan terhadap bayi dalam hal pencatatan berat dan tinggi badan serta pemberian makanan tambahan (PMT),” imbuhnya.

Menurut Rafdi, penyelenggaraan posyandu ini bukan hanya dalam menghadapi perlombaan tingkat nasional, akan tetapi rutin dilakukan pada pekan kedua setiap bulannya.

“Untuk antusias warga cukup bagus, setiap pelaksanaan itu sekitar 100 warga campuran dari bayi hingga lansia yang ikut memeriksakan kesehatan dalam posyandu di RW 01 ini,” katanya.

Beberapa inovasi yang menjadi andalan dari Posyandu RW 01 Rawasari, tambah Rafdi yaitu, Pentul Beranak (pemberian telur untuk meningkatkan berat badan anak), Malam Aksi Belajar untuk kaum muda-mudi, belajar singing dan menari, serta Mantra untuk pelestarian permainan tradisional.

"Sementara untuk inovasi yang usia dewasa ada Tante Darti 
(Perawatan Penderita Darah Tinggi) dan untuk lansia ada Oma Manis (Oma Opa Masih Eksis)," terangnya.