Program Dadu Kelurahan Senen, Ajak Anak Bermain Edukatif

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Lurah Senen bermain bersama anak-anak permainan edukatif. Foto: Maulana

Bermain merupakan hak setiap anak karena memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang. Saat anak bermain ia akan mendapat kesempatan dan stimulasi yang akan mengembangkan berbagai aspek kepintarannya, baik kepintaran akal, fisik, maupun sosial.

Kecerdasan anak harus diasah sejak awal. Mengasah kecerdasan anak dapat dilakukan dengan menyediakan mainan yang tidak hanya menyenangkan namun juga edukatif. 

Hal inilah yang dilakukan Kelurahan Senen berkolaborasi dengan Pengelola RPTRA Planet Senen dalam membuat sebuah inovasi program yang diberi nama Dunia Anak Terpadu atau yang disingkat Dadu.

Lurah Senen Henny Mahrojah menjelaskan, Dadu ini dibuat untuk mengajak anak-anak bermain permainan yang edukatif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan kecerdasan, imajinasi, dan keterampilannya.

"Kita memberikan kegiatan yang bersifat edukasi seperti cooking class, menggambar, membuat prakarya yaitu, menempel gambar dengan limbah atau daun kering dan lainnya. Intinya melatih Kreativitas pengunjung RPTRA Planet Senen daripada datang hanya untuk main game atau hanya memanfaatkan wifi, jadi ada kegiatan positif," katanya, Rabu (15/5). 

Henny menuturkan, program Dadu yang berlangsung sejak Januari 2024 ini digelar setiap dua kali dalam satu pekan yaitu hari Selasa dan Kamis mulai Pukul 14.00 hingga 15.00 WIB.

"Kita belum menyelenggarakan setiap hari karena keterbatasan properti serta masih mengandalkan dari para donatur," ujarnya.

Menurutnya, meski digelar hanya seminggu dua kali antusiasme para anak-anak mengikuti program ini cukup tinggi terbukti sudah banyak yang datang sebelum acara dimulai.

"Karena properti kita terbatas maka kita batasi setiap sesinya hanya 10 anak, namun kalau antusiasme anak banyak sehari bisa buat dua kali permainan," ucapnya.

Henny juga berharap semoga program Dadu ini bisa terus berjalan dan bahkan bisa diselenggarakan setiap hari.

"Mudah-mudahan ada banyak lagi donatur yang berpartisipasi dalam program dadu ini sehingga anak-anak di wilayah Kelurahan Senen memiliki kegiatan positif, karena padatnya hunian masyarakat sehingga RPTRA ini menjadi tempat bermain dan berekpresi sehingga meningkatkan kreativitas anak," harapnya.