Rekapitulasi Tingkat Kota Pemilu 2024 Berlangsung Selama 3 Hari

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2024. Foto: Audrya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Pusat mengadakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 pada Tingkat Kota, di salah satu hotel kawasan Kelurahan Kwitang, Kecamatan Senen, Minggu (3/3).

Rapat ini dibuka oleh Ketua KPU Kota Jakarta Pusat Efniadiansyah dan dihadiri Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, Ketua Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Ketua KPU Pemprov DKI Jakarta Wahyu Dinata, TNI, Polri, dan jajaran terkait lainnya.

Efniadiansyah mengatakan, ini merupakan puncak dari tahapan pemilu yang rangkaiannya sudah dimulai dan telah berjalan dengan baik beberapa hari yang lalu.

"Hari ini semua tahapan rekapitulasi di tingkat kecamatan se-Jakarta Pusat telah selesai yang tidak terlepas dari kerja sama dan kerja bersama kita. Saya juga mengapresiasi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta yang telah memberikan sumbangsih luar biasa dalam mendukung, menfasilitasi, dan memberikan masukan yang sangat berarti kepada kita semua," katanya.

Menurutnya, siapapun nanti yang terpilih adalah orang yang sudah mengikuti proses demokrasi dengan baik, yang telah dipilih oleh masyarakat, dan merekalah yang akan mengemban tugas dan amanah.

Efniadiansyah menambahkan, rekapitulasi tingkat kota akan berlangsung selama 3 hari yang nantinya dilanjutkan ke tingkat provinsi. "Tahapan rekapitulasi ini akan berjalan dari tanggal 3 sampai 5 Maret 2024 di Tingkat Kota Jakarta Pusat," imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma berharap, rekapitulasi baik di tingkat kecamatan, dan sekarang di tingkat kota, hingga nanti di provinsi semua sinkron.

"Semua proses yang panjang memang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi baik tenaga, pikiran maupun material untuk menghasilkan sebuah demokrasi yang merupakan cerminan dari aspirasi masyarakat," ujarnya.

"Harapan kita apa yang sudah direkapitulasi datanya sinkron dan bisa disepakati bersama. Jika ada persoalan harus kita komunikasikan," harapnya.