Ribuan Warga Ramaikan Jalan Santai Festival Kemerdekaan Kelurahan Kemayoran

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Festival Kemerdekaan Kelurahan Kemayoran. Foto: Maulana

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Kelurahan Kemayoran menggelar Festival Kemerdekaan diikuti ribuan orang yang diisi dengan jalan santai, senam bersama, bazar warga, dan pembagian doorprize pada pagi hari serta akan dilanjutkan acara pentas seni malam nanti.

Jalan Santai yang dimulai dari Jalan Kepu Barat, kantor Kelurahan Kemayoran dilepas langsung oleh Camat Kemayoran Asep Mulyaman didampingi Lurah Kemayoran Fitria Sari.

Dalam kesempatan ini, Asep Mulyaman mengapresiasi kegiatan Festival Kemerdekaan yang diinisiasi Kelurahan Kemayoran bersama Karang Taruna.

Menurutnya, ini menjadi agenda rutin Kelurahan Kemayoran dalam memeriahkan kemerdekaan yang luar biasa karena diikuti ribuan orang.

"Luar biasa untuk Kelurahan Kemayoran, kekompakan, keguyuban, di mana teman-teman karang taruna sebagai generasi muda bisa memotivasi warga mengikuti kegiatan festival kemerdekaan," katanya, di halaman kantor Kelurahan Kemayoran, Jalan Kepu Barat, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (24/8). 

"Semoga dengan kegiatan ini warga kita semakin solid, jiwa nasionalismenya semakin tinggi dengan diisi kegiatan-kegiatan yang positif," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksanaan Festival Kemerdekaan Risky menjelaskan, festival ini bertajuk "Menuju Nusantara Baru Bersatu, Berkarya, Mencerdaskan Bangsa" ini untuk menunjukkan kecintaan masyarakat terhadap Indonesia dan juga merangsang minat dan bakat serta menumbuhkan perekonomian warga.

"Selain jalan santai, senam dan bazaar warga nanti malam masyarakat akan menampilkan pentas seni dan budaya dari masing-masing RT ini sebagai dukungan kita terhadap visi misi pemerintah yaitu, mencerdaskan kehidupan bangsa,"ucapnya.

Di tempat yang sama, Lurah Kemayoran Fitria Sari mengungkapkan, Kelurahan Kemayoran akan mendukung semua kegiatan warga yang positif seperti Festival Kemerdekaan ini. 

Dia pun bersyukur kegiatan ini berlangsung cukup meriah dan antusias masyarakat sangat bagus.

"Kami dari pihak pemerintahan akan mensupport full kegiatan pemberdayaan masyarakat yang positif. Alhamdulillah pada dasarnya ketika warga merasa tertarik maka akan bergabung dengan sendirinya, maka kita dan karang taruna menyiapkan bazaar warga, jalan sehat dan juga door prize yang beragam seperti, kulkas, TV, sepeda, dan puluhan hadiah lainnya," ungkapnya.

"Insyaallah ini akan terus menjadi agenda rutin Kelurahan Kemayoran dalam memeriahkan kemerdekaan Republik Indonesia," imbuh Fitria. 

Dalam kegiatan Festival Kemerdekaan ini juga melibatkan Puskesmas Kecamatan Kemayoran, Sudinhub Kemayoran, Babinsa, Binmaspol, dan Satpol PP Kelurahan Kemayoran.