RW 03 Kartini Matangkan Persiapan Lomba Proklim Tingkat Provinsi

Reporter: Muhammad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Pengecekan kesiapan Proklim Tingkat Provinsi. Foto: Maulana

Persiapan RW 03 Kelurahan Kartini, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat mengikuti lomba kampung Proklim tingkat Provinsi DKI Jakarta terus dimatangkan. Hingga akhir Juli ini persiapan yang dilakukan telah memasuki progres sekitar 70 persen.

Ketua PKK RW 03 Kelurahan Kartini Sarwiji mengatakan, persiapan mengikuti lomba Proklim yang telah dilakukan dimulai dari penataan lingkungan, penghijauan dan penguatan administrasi. Ke depan, penyempurnaan persiapan yang dilakukan meliputi penambahan titik penghijauan, penguatan kolam gizi dan administratif.

"Keseluruhan progres persiapan sudah sekitar 70 persen. Tinggal melengkapi sesuai masukan dari tim persiapan penilaian dari wali kota untuk kami tindaklanjuti," katanya, Kamis (25/7).

Sarwiji melanjutkan, jajaran RW 03 Kelurahan Kartini akan mendata lokasi yang perlu ditambah penghijauan. Dipastikan, di lokasi yang masih kurang akan dilakukan penghijauan dengan penanaman pohon.

Menurut Sarwiji, tahapan menyiapkan Proklim ini telah berproses sejak dua tahun lalu saat akan mengikuti penilaian lomba di tingkat kota. Berbagai upaya telah dilakukan untuk membangun kesadaran warga peduli terhadap lingkungan.

"Salah satu caranya kader Dawis dan Jumantik gencar lakukan pendekatan serta sosialisasi ke warga. Mudah-mudahan kami bisa meraih predikat Proklim Madya," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pembangunan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH) Setko Administrasi Jakarta Pusat Martua Sitorus mengatakan, secara persiapan yang dilakukan oleh RW 03 Kelurahan Kartini sudah sesuai kriteria. Namun demikian, dia berharap mereka memaksimalkan waktu sepekan ini untuk melakukan penyempurnaan.

"Kalau berdasar cek list sudah memenuhi syarat, cuma volumenya yang perlu ditambah. Nanti di tingkat provinsi, mudah-mudahan dapat predikat Proklim Madya," tandasnya.