Sepanjang Januari-April 2024, Sudin Gulkarmat Jakpus Catat 82 Kejadian Kebakaran

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Pusat Asril Rizal mengatakan, pihaknya mencatat 82 kejadian kebakaran terjadi sepanjang Januari hingga April tahun 2024 di wilayahnya.

“Penyebab kebakaran didominasi oleh permasalahan arus listrik yang mencapai 67 persen atau 55 kejadian,” katanya saat dikonfirmasi, Rabu (15/5).

Menurutnya, kebakaran akibat korsleting listrik dapat diantisipasi oleh masyarakat dengan menggunakan peralatan listrik sesuai standar.

"Biasanya kebakaran disebabkan oleh listrik. Terkadang penggunaan steker bertumpuk. Itu harus dihindari," ucapnya.

Asril juga meminta masyarakat harus melepas colokan listrik jika tidak dipergunakan. "Kami juga mengimbau agar masyarakat mencabut regulator tabung gas jika bepergian dan tidak meninggalkan kompor dalam keadaan menyala," ujarnya.

"Untuk layanan pemadaman dan penyelamatan bisa menghubungi layanan 112 atau mendatangi pos pemadam terdekat," imbuhnya.

Untuk diketahui, kebakaran berdasarkan objek kejadian sepanjang 4 bulan terakhir diketahui bangunan perumahan mencapai 27 kejadian, bangunan umum dan perdagangan mencapai 15 kejadian, instalasi luar gedung 20 kejadian, kendaraan 7 kejadian, tumbuhan 5 kejadian, lapak 1 kejadian, dan lain-lain sebanyak 7 kejadian.