Soal Proklim, Asekbang Tinjau Pondok Tani Sehati RW 03 Kelurahan Cikini

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Asekbang meninjau Proklim di RW 03 Kelurahan Cikini. Foto: Malik Maulana

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting bersama tim melakukan peninjauan Program Kampung Iklim (Proklim) yang kali ini menyasar ke RW 03, Kelurahan Cikini, Kecamatan Menteng, Rabu (4/6). 

Sebelum meninjau Proklim, Asekbang mendengarkan paparan dari Ketua RW 03 dan jajaran terkait lainnya, di Balai Warga RW 03. 

Setelah itu, Asekbang beserta jajaran terkait meninjau Pondok Tani Sehati (Poktan) di RT 17 dan Wilayah Penghijauan di RT 07, 08, dan 09.

Asekbang mengatakan, peninjauan ini untuk melihat kesiapan dalam rangka penerimaan Tim Verifikasi Lapangan Tingkat Nasional terkait evaluasi Proklim. 

"Tadi juga kita telah melihat baik secara administrasi maupun lapangan ke Poktan di RT 17 dan Wilayah Penghijauan di RT 7, 8, dan 9. Semua sudah cukup baik," katanya. 

"Di Poktan RT 17 RW 03 Kelurahan Cikini ini sudah lengkap tanamannya dari tanaman toga, urban farming, ketahanan pangan, dan kolam gizinya," imbuh Bakwan Ferizan Ginting. 

Menurut Asekbang, nantinya akan membentuk setiap kelurahan tahan dan tangguh dalam perubahan iklim. "Target kita semua RW yang ada di wilayah Jakarta Pusat sudah masuk ke dalam kategori Proklim baik di tingkat kota, provinsi, dan nasional," jelasnya. 

Bakwan Ferizan Ginting juga berharap partisipasi masyarakat di RW 03 Kelurahan Cikini semakin meningkat, karena keikutsertaan masyarakat juga akan meningkatkan kelestarian lingkungan.