Sudin KPKP Adakan Sosialisasi Pemotongan Hewan Kurban

Reporter: Syifa Magang | Editor: Andreas Pamakayo

Sosialisasi pemotongan dan penanganan daging hewan kurban. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) mengadakan sosialisasi pemotongan dan penanganan daging hewan kurban pada Hari Raya Iduladha Tahun 1445 Hijriah mendatang.

Sosialisasi ini dibuka oleh Plh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir, di Ruang Serbaguna Besar, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (5/6).

Plh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir mengatakan, sosialisasi ini diperuntukan bagi Shohibul Qurban menyembelih hewan sesuai dengan yang disyaratkan dalam Islam pada Iduladha.

"Dalam kesempatan ini tadi dari Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat menyerahkan alat potong dan dari Sudin KPKP berupa terpal berguna untuk alas hewan kurban yang akan dipotong," katanya.

"Semoga dengan adanya sosialisasi ini proses pemotongan hewan kurban berjalan sesuai dengan  yang disyaratkan dalam Islam pada Iduladha," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi menambahkan, pihaknya juga mengadakan pelatihan yang diberi nama Juleha (Juru Sembelih Halal).

"Bagaimana cara motong hewan kurban, kalau pisaunya harus tajam, dan harus mengerti di bagian mana titik pemotongan hewan kurban," ucapnya.

Penty berharap, sosialisasi ini dapat menjadi pedoman bagi pemotongan dan penanganan daging hewan kurban pada saat Hari Raya Iduladha mendatang.

Untuk diketahui, pada kegiatan sosialisasi tersebut  ada dua narasumber, Wakil MUI DKI Jakarta KH Yusuf Aman dan Penasehat Juleha DPD Jakarta Pusat lbnu Hibban.