Sudin KPKP Gelar Pelatihan Terakhir Olahan Ikan di RPTRA MH Thamrin

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan olahan ikan di RPTRA MH Thamrin. Foto: Maulana

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat mengadakan pelatihan pengolahan hasil perikanan, di RPTRA MH Thamrin, Kelurahan Kenari, Kecamatan Senen, Kamis (16/5). 

Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti menjelaskan, ini merupakan hari terakhir dilaksanakannya pelatihan pengolahan hasil perikanan, sebelumnya pada tanggal 15 Mei kemarin telah dilaksanakan di RPTRA Kejora.

"Hari ini merupakan hari kedua dan terakhir kami melaksanakan kegiatan pelatihan olahan ikan, di mana kemarin tanggal 15 Mei sudah dilaksanakan di RPTRA Kejora dan sekarang di RPTRA MH Thamrin," jelasnya. 

Penty menerangkan, ada sebanyak 40 peserta dari delapan kecamatan di Jakarta Pusat mengikuti pelatihan olahan hasil perikanan yang terbagi empat kecamatan di hari pertama dan empat kecamatan di hari kedua. Masing masing Kecamatan di wakli 10 orang peserta.

"Untuk hari kedua ini pesertanya dari Kecamatan Senen, Johar Baru, Cempaka Putih, dan Menteng. Untuk materinya sama dengan sebelumnya yaitu pengolahan ikan," ujar Penty. 

Menurutnya, pada kegiatan ini melibatkan PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) yang bertujuan untuk menumbuhkan pengembangan usaha juga pemenuhan gizi balita, keluarga hingga stunting atau tengkes.

"PKK juga kita libatkan dikarenakan PKK ada pokja 3 yang memang terkait dengan kegiatan khusus untuk pemenuhan gizi keluarga juga stunting bagi balita, dan pagan," terangnya. 

Selain pelatihan, lanjut Penty, kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini peserta mendapatkan bantuan berupa panci, alat penggiling daging ikan, dan bahan baku pembuatan bahan dasar ikan.

"Untuk materi kita selalu update, karena yang terbaru ini kan makanan odeng korea, makanya itu nanti bisa di kreasikan agar anak-anak bisa menikmatinya," ucapnya.

Dia berharap dari kegiatan ini dapat memberikan satu dampak manfaat agar peserta pengetahuannya meningkat juga tumbuh Jakpreneur baru di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Sementara itu, Lurah Kenari Ojoh Juhariyah mengucapkan terima kasih kepada Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat karena sudah mengadakan pelatihan pengolahan hasil perikanan untuk diolah berbagi macam bentuk.

"Saya atas nama Kelurahan Kenari mengucapkan terima kasih kepada Sudin KPKP yang sudah memberikan pelatihan kepada warga dan adanya  pelatihan ini warga mendapatkan ilmu pengetahuan juga wawasan," ucap Ojoh. 

Selain itu, Ojoh juga berharap agar KPKP dapat mempertahankan atau meningkatkan lagi kegiatan serupa yang bisa berkesinambungan hingga berkembang.

"Semoga kegiatan ini terus dipertahankan, jika ada kekurangan dapat dievaluasi agar ke depannya selau ada kegiatan yang berbeda," tandasnya.