Sudin KPKP Jakpus Gelar Gerakan Pangan Murah

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Kasudin KPKP meninjau stan olahan pangan. Foto: Malik Maulana

Suku Dinas Ketahan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) menggelar kegiatan Gerakan Pangan Murah yang diharapkan dapat menjaga stabilitas harga, di Selasar Blok D, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (2/4).

"Kegiatan didukung sejumlah BUMD pangan seperti Pasar Jaya, Foodstation dan Dharma Jaya serta Bulog. Selain menjaga pasokan, kegiatan diharapkan bisa menjaga stabilitas harga. Rencananya, kegiatan dilaksanakan selama dua hari mulai Selasa (2/4) hingga Rabu (3/4)," kata Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti.

Dalam gerakan pangan murah ini, lanjutnya, ada beragam produk yang dijual seperti, beras, minyak goreng, tepung terigu, telur, daging sapi, dan ayam. Lalu cabai, bawang, dan sayuran lainnya yang dijual dengan harga murah.

"Produk pangan murah yang dijual seperti minyak goreng kemasan 1 liter Rp 14 ribu, beras medium kemasan 5 kilogram seharga Rp 53 ribu dan berbagai produk daging murah dari Dharma Jaya. Selain produk sembako, juga dimeriahkan bazar Jakpreneur UMKM binaan KPKP dan PKK.

"Kegiatan bazar dikuti sebanyak 23 Jakpreneur binaan dari delapan kecamatan dan juga ada dari PKK. Produknya kebanyakan beragam pangan olahan," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan pada bulan Ramadan. Apalagi, pelaksanaan kegiatan mendekati hari raya Idulfitri.

Menurutnya, pada waktu akhir-akhir bulan Ramadan di pasaran biasa terjadi peningkatan permintaan pasokan pangan. Selain memastikan stabilitas harga dengan menjaga keseimbangan pasokan dan permintaan, kegiatan ini juga memangkas rantai distribusi sehingga bisa menekan harga jual.

"Bila ini bisa kita lakukan maka akan menjaga daya beli warga. Karena itu saya mengapresiasi kegiatan ini dan ke depan kita akan upayakan yang lebih baik lagi," tandasnya.