Sudin LH Jakpus Siagakan 700 Petugas Pembersihan Pasca Misa Akbar

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kota Administrasi Jakarta Pusat menyiapkan sebanyak 700 petugas untuk melakukan pembersihan pasca kegiatan misa akbar yang dipimpin oleh Paus Fransiskus di sekitar kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Kecamatan Tanah Abang. 

Kasudin LH Kota Administrasi Jakarta Pusat Slamet Riyadi mengatakan, secara teknis petugas kebersihan itu akan bergabung bersama panitia dan petugas dari pengelola GBK. Mereka akan disiagakan di kawasan sekitar GBK sejak sore ini.

"Sebelum dan selama acara berlangsung petugas kita akan siaga dan melakukan pembersihan sampah yang tercecer," katanya, Kamis (5/9).

Selain mengerahkan sebanyak 700 personel petugas kebersihan, Slamet mengaku akan mengerahkan sebanyak 26 unit kendaraan pengangkut sampah, terdiri dari 16 angkutan lintas dan 10 truk besar. Selain itu, pihaknya juga akan menyiapkan sebanyak 12 unit kendaraan street sweeper.

Dalam kesempatan ini, Slamet berharap para peserta kegiatan bisa menjaga berpatisipasi menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarang. Selian itu, ia mengimbau para peserta yang datang membawa botol minum yang ramah lingkungan.

"Kami berharap kesadaran semua pihak untuk sama-sama menjaga lingkungan kita tetap bersih dan nyaman," harapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Satuan Pelaksanaan (Satpel) LH Kecamatan Tanah Abang Aripin menjelaskan, petugas akan mulai disiagakan sejak sekitar pukul 17.00 sore nanti. Kemudian, kegiatan pembersihan total baru akan dilaksanakan malam hari setelah kegiatan selesai.

"Petugas kita akan mulai bekerja sejak sekitar pukul 21:00 hingga rampung. Pihak pengelola juga telah menginfokan selama acara ada sterilisasi dulu," tandasnya.