Sudin SDA Revitalisasi Saluran Jalan Cempaka Putih Tengah 27

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Petugas Sudin SDA melakukan revitalisasi saluran di Jalan Cempaka Putih Tengah 27. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan revitalisasi saluran di Jalan Cempaka Putih Tengah 27, RT 11/05, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih. 

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) SDA Kecamatan Cempaka Putih Subandi mengatakan, pekerjaan revitalisasi merupakan tindak lanjut aduan warga yang mengeluhkan saluran kerap meluap dan memicu genangan saat terjadi hujan deras. Karena itu, pihaknya melakukan pembesaran saluran sebagai upaya mengatasinya. 

"Jadi kami perbesar dari sebelumnya memiliki lebar sekitar 30 sentimeter meter menjadi 60 sentimeter dengan kedalaman sekitar 50 sentimeter," katanya, Senin (26/8).

Subandi memaparkan, jajarannya sudah melakukan pekerjaan di lapangan sejak Rabu (21/8) lalu. Setiap harinya dikerahkan sebanyak 30 orang Satgas SDA Kecamatan Cempaka Putih dalam melakukan pekerjaan lapangan.

"Pekerjaan revitalisasi akan meliputi sepanjang sekitar 58 meter lari saluran dengan menggunakan material uditch dengan dilengkapi penutup di bagian atas," paparnya.

"Nanti kita akan lihat material apa yang akan digunakan disesuaikan lapangan. Sebagai tahap awal petugas kami tengah menyiapkan trase," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga RW 05 Kelurahan Cempaka Putih Timur Rahmat mengapresiasi pekerjaan yang dilakukan petugas SDA. Ia berharap pekerjaan bisa mengatasi persoalan air limpas dari saluran saat terjadi hujan deras.

"Kalau sudah diperbesar mudah-mudahan aman. Semoga pekerjaannya cepat selesai," tandasnya.