Sudinkes Galang Komitmen Penggerakan Masyarakat Hidup Sehat di Rutan Kelas I Salemba

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Penggalangan komitmen Germas Menuju Jakarta Global City, di Aula Rutan Kelas I Salemba. Foto: Andre

Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) berkolaborasi dengan Rutan Kelas I mengadakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Menuju Jakarta Global City, di Aula Rutan Kelas I Salemba, Jalan Percetakan Negara, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (7/6). 

Germas ini dibuka langsung Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Reza Pahlevi, didampingi Kepala Rutan Kelas I Salemba Jakarta Pusat Fauzi Harahap, KA Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat Rismasari berserta jajaran terkait lainnya. 

Reza mengapresiasi langkah yang telah dilakukan dalam penatalaksanaan promosi kesehatan dan Germas bagi warga binaan, karyawan, dan pejabat Rutan Salemba Kelas 1 Jakarta Pusat. 

Menurutnya, gerakan ini sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. 

"Perubahan pola hidup masyarakat yang makin modern menjadi salah satu dasar Germas yang bertujuan untuk memasyarakat budaya hidup sehat dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta meninggalkan kebiasaan perilaku yang kurang sehat," katanya. 

Reza juga mengajak kerja sama lintas program dan lintas sektor serta seluruh komponen bangsa dalam mewujudkan masyarakat untuk berprilaku hidup sehat yang kuat.

"Budaya hidup sehat tidak akan terwujud tanpa transformasi budaya kerja para insan pekerja hal ini sesuai dengan core value ASN yaitu, BerAKHLAK," jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat Rismasari menambah, salah satu Germas ini yaitu dengan melakukan tes atau skrining kesehatan bukan hanya kepada warga binaan tetapi jajaran pegawai dan pejabat di Rutan Kelas 1 Salemba. 

"Ada 3.000 peserta dari warga binaan yang dilakukan tes kesehatan dan ini berjalan secara bertahap," terangnya. 

"Hari ini kita melibatkan beberapa puskesmas seperti, Johar Baru, Senen, Cempaka Putih, dan Sawah Besar," imbuhnya. 

Rismasari menegaskan kegiatan seperti ini akan terus berlanjut sampai Kota Administrasi Jakarta Pusat menjadi kota yang sehat. 

Pada kesempatan ini, juga dilaksanakan makan buah dan senam sehat bersama serta penandatangan Penggalangan Komitmen Penggerakan Masyarakat Hidup Sehat Menuju Jakarta Global City. Tertulis ada tiga hal yang perlu dilaksanakan yaitu, melakukan aktivitas fisik atau senam peregangan jam 10.00 WIB dan 14.00 WIB, makan buah dan sayur setiap hari, serta melakukan cek kesehatan secara berkala.